Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Tangani Kekerasan Seksual, Mahasiswa Unair Ciptakan Aplikasi Ini

Kompas.com - 20/11/2021, 10:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menghentikan tindakan kekerasan seksual di kampus menjadi tugas semua pihak.

Saat ini perguruan tinggi telah mempunyai payung hukum yakni Permendikbud Ristek nomor 30 tahun 2021 untuk menindak segala tindakan kekerasan seksual di kampus.

Terinspirasi isu kekerasan seksual di kampus yang makin meresahkan, mahasiswa Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (Unair) membuat aplikasi khusus untuk membantu penanganan kekerasan seksual.

Berkat ide mereka membuat aplikasi ini, mahasiswa Fakultas Vokasi Unair yang tergabung dalam tim Glorya ini berhasil juara di Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) 2021.

Baca juga: Ini Penjelasan Fenomena Matahari Terbit Lebih Cepat, Siswa Perlu Tahu

Aplikasi G-Friendly karya mahasiswa Vokasi Unair

Aplikasi yang diberi nama G-Friendly memenangkan posisi kedua bidang lomba karya tulis ilmiah kategori Soshum.

"Pada saat pengumuman berlangsung itu menjadi momen yang sangat mendebarkan. Kami tidak berharap lebih karena semua karya milik teman-teman juga sangat keren sekali. Alhamdulillah kami mendapatkan juara 2 pastinya sangat senang dan terharu," kata Ketua Tim Dinda Sumarti seperti dikutip dari laman Unair, Jumat (19/11/2021).

Dalam tim ini selain Dinda juga ada teman mahasiswa Fakultas Vokasi lain yakni Ainur Rohmah Eka Safitri, Kus Ita Wiji Asmunik dan Tri Sulis Setiyani.

Menurut Dinda, aplikasi G-Friendly adalah aplikasi berbasis Android yang memiliki empat fitur utama, yakni:

  • Fitur outlook
  • Reportase
  • Pendampingan dan konsultasi
  • EC Button yang berfungsi sebagai tombol darurat.

Baca juga: Webinar IPB: 2 Bentuk Pelecehan Seksual Ini Sering Disepelekan

Aplikasi mudah digunakan

Dinda menerangkan, dalam fitur outlook, pengguna dapat dengan mudah menemukan informasi terkait undang-undang kekerasan seksual dan data statistik perkembangan kasus kekerasan seksual.

Melalui aplikasi ini, lanjut Dinda, pengguna dapat melaporkan kasus kekerasan seksual. Lembaga negara terkait akan memproses laporan begitu data user tervalidasi.

Yang menarik, G-Friendly mampu membuat panggilan darurat. Bahkan aplikasi tersebut juga bisa melacak lokasi korban.

"Kami juga menambahkan fitur pendampingan dan konsultasi. Di mana nantinya aplikasi akan menghubungkan pengguna dengan pengacara sebagai pendamping dalam proses hukum. Di fitur ini pengguna juga bisa mendapatkan rekomendasi konsultasi psikolog daring," beber Dinda.

Baca juga: Garuda Food Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA-S1, Ayo Daftar

Terintegrasi dengan pihak kepolisian

Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi langsung dengan pihak kepolisian, P2TP2A, Kementerian PPPA dan Komnas Perempuan. Tim Glorya juga menggandeng organisasi Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam penyebarluasan dan pengoptimalan manfaat aplikasi.

"Aplikasi ini didesain user friendly, jadi masyarakat mudah menggunakannya. Adanya edukasi dan sosialisasi dari organisasi PKK dapat memudahkan masyarakat dalam memahami cara kerja aplikasi," terangnya.

Meski saat ini Aplikasi G-Friendly baru dibuat rancang bangunnya saja, Dinda dan tim berharap dapat terus mengembangkan aplikasi tersebut. Sehingga karyanya bermanfaat dan bisa ikut andil dalam penanganan kasus kekerasan seksual di Indonesia.

Baca juga: Sulit Konsentrasi Saat Belajar? Yuk Terapkan 5 Tips Berikut Ini

Kemenangan tim Glorya dalam ajang OLIVIA 2021 menjadi titik perjuangan baru bagi Fakultas Vokasi Unair. Selain G-Friendly, inovasi BioTec LZ karya tim Pavet Roar juga memenangkan juara II pada penyelenggaraan OLIVIA kali ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com