Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNS Bakal Buka Kampus di Jakarta, Tawarkan Dua Program Studi

Kompas.com - 07/12/2021, 13:02 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) yang berlokasi di Surakarta, Jawa Tengah, akan segera mempersiapkan pembukaan kampus baru di Jakarta.

Rencana ini diungkapkan oleh Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho saat menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) V Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS yang dihelat di Ruang Sidang Senat Gedung Rektorat UNS, Minggu (5/12/2021), seperti dilansir dari laman UNS.

“Mohon doanya UNS akan mencari kampus di Jakarta tahun 2022 mendatang,” ujar Prof. Jamal.

Ia menerangkan, pembukaan kampus baru UNS di Jakarta dimaksudkan untuk memfasilitasi alumni UNS yang ingin studi lanjut pada jenjang S2 dan S3. Nantinya, kampus baru UNS di Jakarta juga akan terbuka bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang ingin studi lanjut ke UNS tanpa perlu datang ke kota Surakarta.

Baca juga: 20 PTN Penerima Calon Mahasiswa Terbanyak di SNMPTN 2021

Siapkan dua prodi hingga anggaran Rp 50 miliar

Selain mencari lokasi yang cocok untuk pembukaan kampus baru, UNS juga menyiapkan anggaran sebesar Rp50 miliar. Hal ini dibenarkan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Sajidan.

“Rencana pembukaan kampus cabang Jakarta adalah bentuk kerja sama UNS dengan stakeholder yang ada di Jakarta, termasuk juga alumni yang ada di sana dan sekitarnya yang perlu akses pendidikan,” terang prof. Sajidan.

Prof. Sajidan menyampaikan, kampus baru di Jakarta juga akan digunakan sebagai Kantor Perwakilan UNS. Tujuannya, untuk memfasilitasi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Di luar itu kami juga menawarkan suatu program kerja sama dengan PPATK yang akan segera ditandatangani, BPK, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kejaksaan Agung, dan juga stakeholder IKA UNS di Jakarta dan sekitarnya,” tambahnya.

Sebagai permulaan, UNS hanya akan membuka dua program studi (prodi), yaitu S3 Ilmu Hukum dan S3 Program Doktor Ilmu Ekonomi.

Baca juga: Kuliah S2 Gratis di 7 Universitas Jepang 2023, Tunjangan Rp 22 Juta Per Bulan

Dua prodi ini disiapkan UNS sebab memiliki banyak peminat dan kesiapannya telah matang.

“Untuk lokasinya memang belum bisa saya sampaikan. Tapi, target UNS kampus baru di Jakarta akan terealisasi tahun 2022,” imbuh Prof. Sajidan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com