Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter RSND Undip: Ini Upaya Pencegahan Tumor Kandungan

Kompas.com - 19/12/2021, 15:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini, masyarakat awam sering memiliki pemahaman bahwa tumor itu sama dengan kanker. Padahal, kenyataannya tidak demikian.

Tumor adalah benjolan atau jaringan yang tumbuh secara tidak normal, yang dapat bersifat jinak maupun ganas.

Sedangkan kanker adalah tumor yang bersifat ganas yang dapat menyebar ke bagian tubuh lain secara cepat dan merusak sel sehat di sekitarnya.

Baca juga: 12 Tips Meredakan Sakit Kepala dari Universitas Nasional

Menurut Dokter Spesialis Kandungan, Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Universitas Diponegoro (Undip), dr. Nurul Setiyorini, Sp.OG., tumor kandungan tidak sama dengan kanker.

"Tumor adalah benjolan yang tumbuh pada tubuh kita. Tumor tidak harus berhubungan dengan keganasan, miom termasuk tumor, kista juga tumor," ujarnya dikutip dari laman Undip, Sabtu (18/12/2021).

"Dan tumor tersebut bisa memiliki sifat jinak, umumnya tidak berbahaya atau sifat ganas yang berpotensi membahayakan tubuh," jelasnya.

Karena itu, dipastikan dulu jenis tumornya, jika jenisnya normal, jangan terlalu khawatir, namun tetap harus waspada terhadap tumor, kista atau miom yang berpotensi mengganggu fungsi reproduksi.

Dan tentu saja, kalau tiba-tiba muncul benjolan di tubuh, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mendapat diagnosis dan penanganan yang tepat.

Ada beberapa faktor penyebabnya tumor kandungan, bisa faktor genetik, pola dan gaya hidup. Mengenai keganasan biasanya sudah pada tahap stadium lanjut.

Baca juga: Cara Mencegah Flu pada Anak dari Stikes Panti Kosala

Dikatakan, perempuan itu daya tahannya tinggi, bisa menahan sakit dan tidak memprioritaskan keluhan-keluhan, sehingga pada waktu datang ke dokter sudah pada saat stadium lanjut.

"Berbicara mengenai tanda tumor kandungan adalah perutnya membesar, proses benjolan menjadi besar tentunya bertahap," urainya.

Lebih lanjut dr. Nurul mengatakan pencegahan terhadap tumor kandungan yang utama adalah:

1. hidup sehat

2. berolahraga, karena olahraga dapat meningkatkan metabolisme

3. konsumsi makanan bernutrisi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com