Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Simak 6 Tips Atasi Burnout Saat Belajar

Kompas.com - 21/12/2021, 13:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu kewajiban para siswa adalah belajar. Tidak hanya saat mendekati ujian saja siswa perlu belajar, namun tiap kali mendapat materi dari guru juga harus dipelajari lagi agar lebih paham.

Namun saat belajar, siswa juga harus dalam mood yang bagus. Pasalnya suasana hati yang sedang jelek juga tidak bisa dipaksakan untuk belajar.

Bahkan jika dipaksakan terus belajar tanpa istirahat juga berdampak tidak bagus. Baik dari sisi kesehatan maupun prestasi di sekolah.

Salah satu dampak yang bisa terjadi siswa mengalami burnout. Merangkum dari Instagram Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar), Selasa (21/12/2021), burnout adalah perasaan lelah akibat kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus sehingga kehilangan motivasi dan performa.

Baca juga: Kolaboratif dan Inovatif, Rektor UGM Raih Best University Leaders

Tips cegah burnout saat belajar

Berikut tips cegah burnout saat belajar dari Disdik Jabar yang bisa diterapkan para siswa.

1. Istirahat cukup

Ambil waktu sejenak untuk beristirahat. Memaksakan diri bukan solusi terbaik karena konsentrasi yang terpecah akan membuat tugas tidak selesai dengan baik.

2. Buat rencana belajar harian dan tugas harian

Mengklasifikasikan tugas yang paling dekat hingga paling jauh akan membantu kamu memprioritaskan tugas mana yang harus diselesaikan lebih dahulu.

3. Pahami kapasitas dan kemampuan diri

Pahami kapasitas dan kemampuan diri agar tidak melakukan segala hal secara berlebihan untuk mencapai kesempurnaan.

Baca juga: 6 Alasan Memilih Jurusan Akuntansi, Calon Mahasiswa Perlu Tahu

4. Tingkatkan motivasi

Agar burnout belajar tidak berkepanjangan dan akan merugikan masa depan kamu. Yuk tingkatkan motivasi. Kamu bisa mencobanya dengan berbaur di lingkungan positif dan inspiratif.

5. Hangout bersama teman

Jika gejala burnout belajar mulai dialami, ambil waktu untuk menyegarkan dan memperbaiki suasana hati. Salah satunya dengan cara hangout bersama teman atau sahabat.

6. Salurkan hobi

Di tengah kesibukan mengerjakan tugas dan belajar, kamu tetap bisa menyalurkan hobimu. Bahkan melakukan kegiatan yang disukai akan membuat suasana hati lebih baik.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 7 Alasan Kamu Pilih Berkarier di Bidang Perpajakan

Itulah 6 tips atasi burnout saat belajar. Meski mencapai prestasi itu penting tapi menjaga kesehatan mental dan fisik para siswa juga tidak kalah penting.

Terlebih bagi siswa kelas 12 yang akan mengikuti SNMPTN atau UTBK SBMPTN 2022 tetap harus rehat sejenak di tengah kesibukannya dalam belajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com