Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Kemandirian Ekonomi, UMJ Gelar Pengmas di Desa Pantai Harapan Jaya Bekasi

Kompas.com - 24/12/2021, 12:25 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Desa Pantai Harapan Jaya Bekasi dengan luas lahan 275 hektar dan didominasi lahan perairan dinilai memiliki potensi rumput laut yang mampu memproduksi 7.000 ton dari total 10.000 ton hasil perikanan budidaya.

Namun dengan potensi ini, Desa Pantai Harapan Jaya khususnya pada Dusun 1, masih memiliki berbagai masalah terutama pada sisi ekonomi sosial di mana potensi yang dimiliki tersebut belum dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terdorong untuk meningkatkan potensi desa tersebut, Program Studi Teknik Kimia FT Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjalin kemitraan dengan Desa Pantai Harapan Jaya Muara Gembong Bekasi sejak tahun 2015.

Dalam kemitraan tersebut, masyarakat desa diberikan berbagai keterampilan yang diharapkan dapat meningkatkan sisi ekonomi sosial masyarakat setempat.

Pada tahun 2021 ini, Teknik Kimia FT UMJ melakukan kolaborasi program pengabdian masyarakat (Pengmas) pada desa binaan bersama beberapa bidang keilmuan lain seperti Teknik Industri, Manajamen dan Agroteknologi.

Kegiatan pengmas ini merupakan program Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarkat UMJ yang kemudian mendapatkan dana hibah Program Bantuan Pendanaan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian Dan Purwarupa Perguruan Tinggi Swasta dari Ditjen Kemenbud Ristek.

Tim pengmas yang beranggotakan Renty AMP, Tri Yuni Hendrawati, Ika Kurniaty, Ratri Ariatmi Nugrahani, Darto, Fatma Sari dan mahasiswa bergerak dengan program utama utilitas instalasi air bersih bagi rumah hidroponik dan workshop pemasaran produk-produk hasil olahan desa.

Pengadaan air bersih diharapkan dapat mendorong rumah hidroponik yang telah berhasil dibangun pada program binaan sebelumnya di Dusun 1 Desa Pantai Harapan Jaya.

Baca juga: Raih Hibah 1,1 Miliar, UPJ Gelar Pengmas Entaskan Stunting dan Obesitas

Kegiatan yang dimulai pertengahan Desember 2021 diawali dengan survei dan pemetaan masalah pada mitra dan dilanjutkan workshop "Industri bersih dan Manajemen Pemasaran" menghadirkan narsumber pakar dari Prodi Teknik Kimia dan Teknik Industri FT UMJ.

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 90 warga ini mendapat sambutan positif warga. "Kegiatan semacam ini memberikan pengetahuan dan keterampilan baru yang mencerahkan juga menyegarkan," ujar Samsuri salah satu perwakilan warga.

"Masyarakat merasa mendapat perhatian dari Pemerintah melalui program pengabdian masyarakat civitas UMJ," tambahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com