Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Aman Liburan Saat Pendemi dari UMA

Kompas.com - 01/01/2022, 10:55 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Libur tahun baru menjadi hal yang paling spesial bagi siapa saja. Meski demikian, liburan tak bisa dilakukan seperti pada dua tahun yang lalu.

Tentu karena tahun lalu dan tahun ini masih pandemi Covid-19. Semua aktivitas dibatasi. Tetapi, kasus Covid-19 di Indonesia mulai melandai.

Jadi, liburan bisa dilakukan asalkan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Bagi yang berencana untuk liburan, maka perlu memerhatikan beberapa hal.

Baca juga: Tips Cepat Tidur dari Fakultas Psikologi UMA

Tips aman liburan saat pandemi

Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), berikut ini 5 tips aman liburan saat pandemi Covid-19. Tentu tips ini bagi yang tak bisa liburan saat tahun baru ini.

1. Pilih waktu di luar tanggal merah

Di waktu-waktu libur tahun baru seperti saat ini, kita bisa memprediksi bahwa tempat wisata cenderung ramai. Kamu juga bisa memantau kondisi tempat wisata yang hendak kamu tuju melalui berita-berita di internet dan media sosial.

Nah daripada mempertaruhkan kesehatan demi liburan yang penuh sesak tersebut, sebaiknya kamu menunda sejenak hingga kondisi tempat wisata sepi.

Kamu bisa memilih untuk mengambil cuti 2-3 hari untuk liburan di hari biasa. Dengan begitu, liburan jauh lebih nyaman, leluasa, dan juga meminimalisir potensi penularan Covid-19.

2. Coba tentukan tempat wisata yang sepi

Selain itu, kamu bisa memilih tempat wisata yang cenderung sepi atau menawarkan layanan private. Contohnya villa private, pantai yang jarang dikunjungi, air terjun yang masih alami, dan lainnya.

Coba diskusikan dengan anak-anak dan keluarga mengenai tempat wisata tersebut. Pilihlah yang menarik, tapi kurang dilirik, sehingga liburanmu bisa menyenangkan dan cenderung aman.

Baca juga: Mau Liburan? Cek 4 Hal Penting dari Dosen Unair

3. Pakai masker dan jaga jarak

Jika kamu sudah menentukan tempat dan waktu berwisata, selanjutnya kamu perlu memastikan aktivitas selama berwisata. Pastikan kamu dan keluarga selalu memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Lengkapi perbekalan dengan sabun cuci tangan dan handsanitizer guna menjaga kebersihan tangan.

Selian itu, ingatkan anak-anak untuk membuka masker hanya saat makan. Jadi ketika mereka merasa gerah, tidak nyaman, atau lainnya, dilarang keras untuk membuka masker. Beri pengertian dan pendidikan agar anak-anak mematuhi peraturan tersebut.

4. Penuhi nutrisi tubuh dan minum vitamin

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kondisi kesehatan dari dalam. Penuhi nutrisi tubuh dengan asupan gizi yang lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan lainnya.

Jika perlu tambahkan suplemen dan vitamin tablet untuk dikonsumsi selama sebelum liburan dan setelah liburan. Hal ini guna menjaga kekebalan tubuh agar kuat jika terpapar Covid-19.

5. Usahakan cek swab

Cek Swab ini adalah aktivitas penting yang perlu kamu lakukan saat memutuskan untuk liburan selama pandemi. Usahakan untuk melakukan tes swab sebelum berangkat liburan dan saat pulang liburan.

Tes swab sebelum liburan berfungsi untuk memastikan bahwa kamu dan keluarga tidak akan menularkan Covid-19 pada orang lain selama perjalanan wisata.

Baca juga: Bunda, Ini Lho Ciri-ciri Alat Permainan Anak yang Aman

Sementara itu, tes swab setelah liburan berguna untuk memastikan bahwa keluarga tidak akan membawa virus corona saat di rumah dan melanjutkan aktivitas sehari-hari. Sebaiknya pilih tes swab drive thrue yang cenderung lebih aman, praktis dan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com