Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Bisnis Kekinian dengan Modal Minim, Mahasiswa Yuk Coba

Kompas.com - 02/01/2022, 16:45 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini banyak bisnis yang dirintis oleh para generasi muda. Meski masih berusia belia, banyak tokoh yang berhasil mengembangkan bisnisnya.

Bagi mahasiswa yang tertarik terjun ke dunia bisnis, ada beberapa ide yang bisa kamu tekuni dengan modal sedikit.

Meski tidak perlu mengeluarkan modal banyak, kamu tetap harus menjunjung etos kerja, keinginan yang kuat, serta gigih dan tekun menjalankan bisnis itu sendiri.

Merangkum dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Minggu (2/1/2021), ada ide bisnis yang bisa digeluti mahasiswa dengan modal tidak terlalu banyak. Yuk simak ide bisnis apa saja yang bisa dicoba?

Baca juga: Orangtua Wajib Tahu, Ini Bahaya Kecanduan Internet pada Anak

Social media management

Tak dipungkiri saat ini semua pelaku bisnis dituntut bermigrasi ke internet marketing. Salah satu kanal internet marketing yang paling banyak dipakai adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube bahkan Tiktok.

Namun para pemilik usaha ini yang tidak memiliki cukup waktu untuk mengelola akun media sosial sendiri sehingga mereka membutuhkan tim khusus. Hal ini menjadi peluang bisnis bagi kamu untuk menawarkan jasa sebagai social media manager.

Sebagai social media manager, tugasmu adalah untuk membangun kesadaran brand, membuat dan membagikan konten, serta berinteraksi dengan followers. Menariknya, bisnis ini bisa kamu lakukan secara online dan tanpa modal sama sekali.

Melihat maraknya penggunaan media sosial sebagai ladang marketing, prospek bisnis ini cukup menjanjikan ke depannya.

Baca juga: PT Petrosea Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMK, D4/S1, Cek Infonya

Fotografi

Jika dulu jasa fotografi memerlukan peralatan fotografi profesional berbanderol jutaan rupiah, kini kamu bisa menjual foto yang dijepret dengan kamera ponsel. Hasil jepretan ini bisa kamu jual di microstock seperti ShutterStock, Pixabay, dan lain-lain. Kamu akan mendapatkan komisi setiap kali fotomu diunduh dari platform tersebut.

Selain menjual foto melalui platform microstock, kamu juga bisa menawarkan jasa fotografi produk untuk pelaku usaha. Saat ini banyak pelaku usaha yang membutuhkan foto produk untuk diposting di akun media sosial mereka.

Video production

Bisnis yang satu ini sangat cocok buat kamu yang suka shooting dan editing video. Kini jasa video maker maupun video editor banyak dibutuhkan perusahaan yang memposting konten di Youtube, Instagram, maupun Tiktok.

Yang dibutuhkan saat memulai bisnis ini adalah gadget untuk mengambil video dan video editing software.

Baca juga: Pemilik 22 Paten, Dosen Undip Teliti Jahe Jadi Obat Antikanker

Jika kamu sama sekali tidak punya dasar atau keahlian di bidang produksi video, jangan khawatir. Kamu bisa menemukan tutorialnya di internet maupun mengikuti kursus videography yang saat ini banyak tersedia.

Jasa les privat

Jasa les privat sebenarnya sudah sejak dulu ada. Namun dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, jasa les privat makin dibutuhkan untuk mendukung anak belajar.

Apalagi selama pandemi Covid-19 anak terpaksa mengikuti pembelajaran jarak jauh. Dengan menggunakan jasa les privat, bisa mendukung anak yang tidak bisa belajar secara mandiri di rumah sedangkan orangtua tidak selalu punya waktu untuk menemani belajar.

Dengan peluang yang besar ini, tidak ada salahnya membuka jasa les privat. Untuk menjalankan bisnis ini, kamu tidak harus terjun langsung untuk mengajar les. Kamu bisa membentuk sebuah tim pengajar dan menghubungkan mereka dengan anak didik yang memerlukan les privat.

Kuliner khusus take away dan delivery

Membuka restoran memang membutuhkan modal yang besar karena kamu harus membangun restoran itu sendiri dan menyediakan fasilitas di dalamnya. Namun, dengan modal minim kamu bisa memulai bisnis kuliner yang hanya melayani take away dan delivery.

Apalagi dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, orang-orang lebih suka membeli makanan take away ataupun order delivery. Jika belum memiliki pegawai untuk melakukan delivery, kamu bisa memanfaatkan platform food shopping yang sudah banyak tersedia.

Baca juga: Webinar Unpad: Ini Alasan Wayang Golek Makin Diperhatikan Masyarakat

Demikian 5 ide bisnis kekinian minim modal yang bisa kamu lakukan dengan bantuan teknologi. Asal disertai dengan keseriusan dan manajemen yang bagus, usaha rintisan dari ide bisnis bermodal sedikit ini bisa makin berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com