Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM 10 Besar Kampus Paling Top di Instagram Bersama Harvard dan Oxford

Kompas.com - 02/02/2022, 16:15 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk 10 besar kampus paling top di Instagram. Pemeringkatan tersebut merupakan hasil riset emplifi.io, lembaga yang fokus dalam big data, digital marketing, branding, dan media sosial.

Riset dilakukan terhadap interaksi di akun media sosial berbagai perguruan tinggi dunia.

Dari hasil riset terhadap interaksi di akun resmi Instagram, UGM masuk 10 besar bersama perguruan tinggi top dunia seperti Harvard University, Stanford University, dan The University of Oxford.

Sekretaris Rektor UGM, Gugup Kismono mengatakan bahwa UGM adalah kampus satu-satunya yang masuk 10 besar dari Indonesia.

Baca juga: Kemendikbud Buka Beasiswa S3 bagi Dosen, di Harvard hingga Oxford

Hasil riset ini dirilis di media sosial Emplifi pada akhir Januari lalu. Dari 10 perguruan tinggi teratas, tujuh di antaranya merupakan perguruan tinggi yang berlokasi di Amerika Serikat, sementara dua lainnya merupakan perguruan tinggi yang berlokasi di Inggris.

“Tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri, bahwa UGM bisa bersanding dengan universitas papan atas yang namanya telah mendunia,” ucap Gugup seperti dilansir dari laman UGM.

Ia menerangkan, pengelolaan laman dan media sosial semakin penting bagi institusi untuk pengembangan citra sekaligus sebagai bentuk adaptasi dalam melakukan komunikasi publik.

“UGM akan terus beradaptasi dengan melakukan berbagai penyesuaian penggunaan bauran media komunikasi. Dengan begitu informasi yang disampaikan dapat semakin menjangkau generasi muda namun tidak meninggalkan generasi sebelumnya,” lanjut Gugup.

Dengan pengelolaan media sosial sebagai wahana penyampaian informasi diharapkan berbagai informasi penting bisa secara efektif menjangkau masyarakat luas.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Untuk itu UGM hadir di kanal media sosial yang banyak diakses, mulai dari Instagram, Facebook, hingga Tiktok, dengan ragam konten yang menarik sekaligus bermanfaat bagi publik.

Dalam daftar yang dirilis di awal 2022, UGM juga menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia terpopuler di media sosial versi 4 International College & Universities (4ICU) UniRank 2021, khususnya pada platform Facebook dan Instagram.

Dalam pemeringkatan tersebut UGM berada di peringkat pertama sebagai perguruan tinggi dengan jumlah like Facebook terbanyak dengan total mencapai 446.257 likes pada Februari 2021. Adapun jumlah rata-rata komentar per unggahan 3.34, rata-rata share 12.68 dan rata-rata reaksi per unggahan 263.14.

Pada platform Instagram, UGM masuk dalam peringkat tertinggi dengan jumlah pengikut atau follower mencapai 781.814 di akhir April 2021, sementara itu jumlah unggahan sebanyak 1.545.

Jumlah pengikut akun Instagram UGM terus meningkat secara signifikan, dan hingga 31 Januari 2022 telah mencapai 869.737 pengikut.

Baca juga: Lulus Kuliah Tanpa Skripsi, Ini Cerita Rizky Mahasiswa Psikologi Unpad

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com