Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip 5 Pilihan Profesi Menjanjikan bagi Lulusan Seni Rupa dan Desain

Kompas.com - 07/02/2022, 07:19 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Setiap siswa memiliki bakat dan minat yang berbeda. Jika kamu termasuk siswa yang punya jiwa seni tinggi, jurusan kuliah di bidang kesenian bisa jadi pilihan.

Kamu tidak perlu berkecil hati saat memilih jurusan kuliah sesuai bakat dan minatmu di bidang seni.

Jika kamu benar-benar bisa menunjukkan bakatmu, tentunya setelah lulus bisa menjadi seorang seniman handal.

Merangkum dari laman Universitas Kristen Maranatha, Senin (6/2/2022), bagi kamu yang tertarik mendalami seni rupa dan desain, ada banyak Fakultas Seni Rupa dan Desain terbaik di Indonesia.

Baca juga: KPP Mining Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3-S1, Buruan Daftar

5 pilihan profesi menjanjikan bagi lulusan seni rupa desain

Yuk simak informasi tentang 5 prospek profesi lulusan Seni Rupa dan Desain berikut ini:

1. Kurator

Lulusan seni rupa dapat memilih untuk menjadi kurator seni. Profesi ini bertanggung jawab dalam mengurus dan merawat benda-benda yang memiliki nilai seni tinggi. Selain itu, seorang kurator juga bertanggung jawab dalam merawat benda yang memiliki nilai sejarah.

Untuk mengetahui nilai seni suatu barang, diperlukan jasa orang yang ahli di bidang tersebut. Bahkan, seorang kurator juga wajib mengetahui seluk-beluk benda seni tersebut. Kurator juga bertanggung jawab atas pameran-pameran seni yang biasanya diselenggarakan oleh galeri seni. Gaji kurator pemula setidaknya bisa mencapai Rp 4 hingga Rp 8 juta.

2. Ilustrator

Di zaman yang serba digital seperti saat ini, jasa seorang ilustrator banyak dibutuhkan. Seorang ilustrator tentu saja harus dapat membuat gambar ilustrasi. 

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah ini Miliki Peluang Kerja Luas bagi Kalangan Perempuan

Pembuatan gambar ilustrasi dapat dilakukan dengan menggunakan alat khusus seperti digitizer atau pun dibuat secara manual. Gaji yang dihasilkan profesi ini, yaitu mulai dari Rp 4 juta. Selain itu, banyak juga ilustrator yang memperoleh penghasilan dari mengerjakan proyek atau pun menjual karyanya berdasarkan pesanan klien.

3. Desainer Interior

Lulusan Seni Rupa dan Desain juga berkesempatan untuk menjadi seorang desainer interior. Profesi keren ini banyak diminati oleh generasi milenial karena dapat menghasilkan gaji yang lumayan tinggi, yaitu Rp 5 hingga Rp 7 juta per bulan.

Jasa desain interior selalu dibutuhkan untuk menciptakan tampilan dalam rumah yang menarik, unik, dan juga sesuai dengan selera pemiliknya. Orang-orang yang bergerak dalam bidang properti juga sangat memerlukan jasa desainer interior.

Baca juga: Referensi SNMPTN 2022, Cek Jurusan Sepi Peminat di 8 Universitas Top

4. Pelukis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com