Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SNMPTN 2022, Unpad Beri Tips Pilih Jurusan Kuliah bagi Calon Mahasiswa

Kompas.com - 14/02/2022, 18:07 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2022 pada Senin (14/2/2022) pukul 15.00 WIB.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Prof. Arief S. Kartasasmita mengingatkan calon pendaftar untuk memilih program studi yang sesuai minat.

Pasalnya, bila siswa diterima pada program studi melalui SNMPTN 2022, maka jurusan kuliah itulah yang harus diambil, karena tak bisa lagi mendaftar di SBMPTN 2022.

“Pilih program studi sesuai minat. Jangan mentang-mentang kuotanya kosong, ternyata pas masuk studinya tidak begitu baik,” ujar Prof. Arief seperti dilansir dari laman Unpad, Senin (14/2/2022).

Baca juga: Universitas Pertahanan Buka Pendaftaran S1 Militer 2022, Kuliah Gratis

Prof. Arief menjelaskan, penilaian SNMPTN 2022 murni berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik siswa. Jatah kuota SNMPTN di setiap sekolah juga bervariasi berdasarkan nilai akreditasinya.

Sekolah terakreditasi A mendapat kuota sebesar 40 persen siswa terbaik. Sementara sekolah terakreditasi B mendapat jatah kuota sebanyak 25 persen dan sekolah terakreditasi C mendapat kuota 5 persen terbaik di sekolahnya.

Ini berarti, calon pendaftar yang berhak mendaftar SNMPTN 2022 merupakan peserta yang dinilai layak (eligible) berdasarkan pertimbangan akademiknya.

Untuk itu, saran dia, peserta wajib memanfaatkan momentum SNMPTN untuk mendaftar program studi yang sesuai minat dan passion-nya.

Lebih lanjut Prof. Arief menjelaskan, selain sesuai minat, peserta yang perlu mempertimbangkan pemilihan program studi berdasarkan masa depan yang ingin dicapai. Jangan sampai memilih program studi yang tidak sesuai dengan masa depan yang ingin dicapai.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

“Jangan sampai ketika masuk ke dalam ternyata kuliahnya tidak senang dan akhirnya prospeknya jadi kurang baik. Lalu kemudian mengambil seleksi mandiri. Maka jatah di SNMPTN jadi tidak terpakai. Pilih agar semua kuota yang dimanfaatkan bisa dipakai secara baik,” ungkapnya.

Tahun ini, secara umum persentase daya tampung Unpad di jalur SNMPTN 2022 sebesar 20 persen dari total daya tampung keseluruhan. Namun, setiap program studi ada perbedaan sedikit untuk daya tampungnya.

“Intinya setiap program studi minimum penerimaannya 20 persen,” tambah Prof. Arief.

Pendaftaran dilakukan melalui login di laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menggunakan akun resmi yang sudah diverifikasi. Pendaftaran SNMPTN sendiri ditutup pada 28 Februari mendatang.

Baca juga: 5 Macam Biaya Kuliah di Kampus Swasta, Calon Mahasiswa Harus Tahu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com