Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua, Ketahui Faktor-faktor yang Pengaruhi Kecerdasan Anak

Kompas.com - 23/02/2022, 13:55 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

Sumber Aku Pintar

KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang mengaitkan kecerdasan anak dengan kemampuan akademik yang mumpuni. Padahal, jika dilihat lebih luas, ada banyak bidang di luar akademis yang membutuhkan kecerdasan maupun keahlian yang berbeda dari tiap individu.

Sejatinya, kecerdasan anak tidak hanya terbatas pada kemampuannya berpikir atau belajar, tetapi juga mencakup kemampuannya dalam memahami lingkungan di sekitarnya, problem solving, serta mencari tahu apa yang harus dilakukannya.

Pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak juga dipengaruhi faktor internal dan eksternal. Berikut sejumlah faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak, merangkum laman Akupintar.id:

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

1. Faktor internal

Faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak yang dikategorikan sebagai faktor internal adalah faktor genetik atau keturunan.

Sama seperti sifat yang dimiliki manusia lainnya, kecerdasan setiap anak juga berbeda-beda. Masyarakat banyak yang memiliki anggapan bahwa kecerdasan anak diwariskan dari orang tua yang juga cerdas. Pepatah yang populer terkait hal ini adalah buah jatuh tak jauh dari pohonnya.

Meskipun demikian, sebagian besar penelitian memperkirakan bahwa faktor genetik berperan hanya sekitar 30 sampai 75 persen dalam menentukan kecerdasan anak.

Penelitian menunjukkan bahwa faktor lingkungan memiliki peran yang sama pentingnya dalam hal kecerdasan anak.

Hasil penelitian menyebutkan, anak-anak yang dibesarkan di lingkungan yang tidak mendukung perkembangan kecerdasannya seperti tidak diberi ASI, malnutrisi, serta terpapar polusi, tidak akan berkembang dengan optimal meskipun ia memiliki faktor genetik yang baik.

Baca juga: Belajar dari Orangtua Jepang Cara Menanamkan Disiplin pada Anak

2. Faktor eksternal

Selain gen penentu kecerdasan anak, faktor yang mempengaruhi perkembangan intelektual dari luar atau faktor eksternal adalah lingkungan, stimulasi, gaya belajar, dan nutrisi.

a. Lingkungan

Faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak yang pertama adalah faktor lingkungan, antara lain tempat tinggal, yang juga berdampak pada kecerdasan anak.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang tinggal di area yang memiliki fasilitas baik, melakukan aktivitas fisik lebih dari 5 jam per minggu dan memiliki orang tua yang berpendidikan tinggi, akan cenderung memiliki IQ yang tinggi.

Dalam sebuah penelitian lain juga disebutkan, jika seorang anak tinggal di kota kecil dengan fasilitas pendidikan yang terbatas, dapat membuat potensi kecerdasan anak tidak berkembang semaksimal anak-anak yang tinggal di kota besar dengan fasilitas belajar yang lebih baik.

b. Stimulasi

Faktor yang mempengaruhi IQ anak berikutnya adalah stimulasi yang diberikan kepada anak atau anak. Interaksi Ibu dengan anak di tahun-tahun pertama kehidupannya akan sangat menentukan perkembangan kognitif anak.

Halaman:
Sumber Aku Pintar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com