Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2022, 09:17 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

Peresensi: Rahmadita Aulia

KOMPAS.com - Di era sekarang, di mana perkembangan teknologi sangat cepat, orang-orang akan dengan mudah dalam mengakses informasi. Tentu ini akan membantu siapa pun untuk belajar, serta menguasai informasi yang tersebar di seluruh dunia.

Buku Literasi Digital Santri Milenial mungkin akan sedikit mengulik bagaimana berkembangnya teknologi digital di kalangan santri milenial. Seperti yang kita tahu, definisi santri sangat beragam di kalangan masyarakat.

Maka melalui buku ini, kita dapat mengenal serta mengetahui lebih dalam makna dan karakteristik santri yang sesungguhnya.

Baca juga: Mengenal Umar, Inovator Gerakan Sekolah Madrasah Berkelas Dunia

Salah satu kutipan yang menarik dari buku ini, Santri bukan hanya diperuntukkan bagi orang yang berada di pondok pesantren dan mengaji kitab, namun orang-orang yang meneladani para kiai (KH. Maruf Amin).

Mungkin sebagian pondok pesantren memiliki pandangan, bahwa santri tidak harus melulu mementingkan hal duniawi, terkhusus dalam bidang teknologi maupun digital. Sebab, menurut mereka hal itu akan menghambat pembelajaran ilmu agama di pondok.

Baca juga: 27 Kisah Perempuan Kuat di Buku Her Name Is..

Akan tetapi, dengan perkembangan zaman, citra pesantren yang pada awalnya melahirkan tokoh-tokoh keagamaan, perlahan memulai citra baru, yakni melahirkan santri yang ahli dalam bidang teknologi maupun literasi digital.

Salah satu keunggulan dari buku ini adalah kita akan mengetahui mengapa teknologi atau literasi digital sangat penting bagi pembelajaran seorang santri, serta definisi literasi digital bagi santri milenial yang lebih mendalam.

Di akhir buku, penulis mengungkapkan beberapa konsep penting dari literasi digital yang ternyata selaras dengan beberapa tradisi pesantren. Sedangkan kekurangan yang saya temui dalam buku ini ialah kaver buku yang kurang menarik peminat, serta pemilihan kata yang mungkin sulit dicerna oleh pembaca umum.

Judul Buku : Literasi Digital Santri Milenial
Penulis : Dr. Abdulloh Hamid, M.Pd.
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo
Tahun Terbit : Juni 2021
Tebal : 231 Halaman
Kategori : Motivasi Islami
ISBN : 978-623-00-2602-7
Harga : Rp 75.000,-

Buku Literasi Digital Santri Milenial karya Dr. Abdulloh Hamid, M.Pd., dapat dipesan melalui:
https://www.gramedia.com/products/literasi-digital-santri-milenial?queryID=8938edee3ef3e1ef87fd4ce720402f5a

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com