Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Lolos Beasiswa IISMA 2022? Simak Tips Mahasiswa UNS Ini

Kompas.com - 17/03/2022, 09:57 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com -Apakah saat ini kamu sedang mengincar beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)?

Jika iya, maka kamu harus teliti dengan segala persyaratan yang ada. Sebab, beasiswa ke luar negeri ini setiap tahunnya selalu menjadi incaran mahasiswa.

IISMA adalah salah satu program yang terdapat dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudritek) dan sudah dibuka sejak tahun 2021.

Program ini menawarkan kesempatan belajar selama satu semester di perguruan tinggi terkemuka di luar negeri.

Baca juga: Beasiswa Santri 2022: Syarat, Kuota, dan Tujuan Perguruan Tinggi

Guna meningkatkan peluang lolos, ada baiknya menyimak tips dari penerima beasiswa tahun sebelumnya. Misalnya, tips dari Anis Sofia Harjanti mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) UNS, Program Studi (Prodi) Kedokteran.

Ia lolos ke University of Edinburgh (UoE), Edinburgh, Scotland, United Kingdom. Anis seorang visiting student di College of Arts, Humanities, and Social Sciences, dan School of Health in Social Science.

Keinginan Anis untuk bisa mendapatkan pengalaman ke luar negeri, diakuinya sudah ada sejak tahun 2020.

Berbagai macam kegiatan di tingkat internasional ia sudah coba ikuti. Meski beberapa kali ia sempat mengalami kegagalan, tidak jadi berangkat, mendapatkan pembatalan, namun tak menyurutkan niat Anis untuk menyerah.

“Tahun 2021 awal, aku lihat program IISMA di MBKM. Lalu aku cari tahu dan takjub karena kesempatan yang diberikan lewat program ini melebihi ekspektasi yang aku harapkan. Menurutku IISMA one hold package for everything untuk program seperti student exchange. Karena ini, aku nggak bisa untuk tidak mencoba mendaftar IISMA,” ujar Anis, dilansir dari laman UNS.

Baca juga: MS Glow Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1, Cek Syaratnya

Anis mengungkapkan, setelah program IISMA diluncurkan ia segera mempersiapkan aplikasi yang dibutuhkan.

Anis mengakui sempat kesulitan karena terbatasnya peredaran informasi terlebih belum adanya gambaran dari angkatan sebelumnya. Karena saat itu Anis menjadi awardee Batch 1 dari program IISMA.

“Jadi, hanya bergantung pada kanal informasi resmi IISMA. Seingetku cukup banyak hal yang bikin deg-degan. Terkadang infonya mendadak dan berubah-ubah,” lanjut Anis.

Menurut Anis, yang harus dipersiapkan yakni research sebanyak-banyaknya tentang program IISMA.

Karena ini langkah paling dasar untuk bisa mengenal lebih jauh dengan IISMA. Kemudian persiapkan dengan matang untuk bisa menjadi awardee IISMA. Berikan usaha terbaik dan do extramiles di setiap aplikasi pendaftaran kalian.

“Terutama yang cukup sulit di bagian esai. Sebisa mungkin kalian sudah tahu tujuan secara personal ikut IISMA lalu hubungkan dengan tujuan IISMA sendiri. Harus ada benang merah, mengapa kalian adalah kandidat yang cocok menjadi awardee IISMA. Bisa juga dalam esai kalian tuliskan contoh kasus yang pernah dialami, apa saja tantangannya, dan bagaimana kalian mengatasi hal itu. Atau menuliskan bagaimana IISMA bisa mendukung kompetisi pasca kampus kamu. Pada intinya craft your essay well,” terang Anis.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com