Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fresh Graduate, Ini 5 Alasan Pentingnya Punya Attitude Dunia Kerja

Kompas.com - 04/04/2022, 12:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Memasuki dunia kerja, tentu akan berbeda ketika masih kuliah. Terlebih bagi lulusan baru (fresh graduate) harus siap saat sudah masuk dunia kerja.

Salah satunya ialah memiliki attitude atau sikap yang baik di dalam dunia kerja. Apalagi jika kamu ingin jadi pekerja profesional, attitude menjadi satu hal yang harus kamu siapkan sejak dini.

Attitude di dalam dunia kerja ialah penentu dasar dari persepsi dan tindakan kamu terhadap semua aspek lingkungan sosial. Mulai dari masih internship, junior, atau bahkan level CEO, attitude adalah salah satu yang harus terus kamu perhatikan.

Baca juga: Jangan Terjebak Perjanjian Kerja, Fresh Graduate Perhatikan Hal Ini

Pengertian dari attitude

Melansir laman KitaLulus, attitude adalah salah satu hal yang menunjukkan bagaimana kita bersikap dan memperlakukan orang lain.

Namun pada dasarnya, attitude adalah sebuah bentuk perilaku, sikap, atau tingkah laku seseorang ketika berinteraksi dengan orang lain.

Yang kemudian diikuti oleh kecenderungan bahwa dirinya akan bertindak seperti sikap yang dimilikinya tadi.

Sementara attitude dunia kerja juga diartikan sebagai keadaan mental dan kesiapan saraf yang disusun melalui pengalaman. Nantinya bisa memberikan pengaruh dinamis terhadap respon individu lainnya terhadap semua objek yang terkait dengannya.

Alasan pentingnya punya attitude dunia kerja

Untuk itulah penting sekali pekerja memiliki attitude yang baik. Bagaimana caranya? Ini 5 alasan pentingnya punya attitude dunia kerja:

1. Bisa diterima di lingkungan baru

Karena di dunia kerja juga akan berinteraksi dengan banyak orang, maka kamu perlu punya attitude yang baik. Tak hanya di dalam satu tim tetapi juga untuk tim lain.

Dengan begitu, maka kamu akan mudah diterima di lingkungan baru. Meski bertemu dengan tipe orang yang berbeda-beda, tetapi jika kamu punya sikap kerja ramah, tidak sombong saat dimintai bantuan, akan membuat kamu lebih mudah untuk berinteraksi dengan orang lain.

Baca juga: Ini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar

2. Pekerjaan sulit jadi mudah

Karena di dalam pekerjaan itu tidak mudah, maka kamu butuh bantuan orang lain. Maka, dengan memiliki attitude dunia kerja yang baik, rekan kerja tentu akan membantumu.

Tanpa disadari, sikap kerja rendah hati bisa membuat kita mendapatkan pertolongan disaat sulit menyelesaikan pekerjaan.

3. Bentuk profesionalitas diri

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com