Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa, Yuk Coba 4 Teknik Membaca Cepat Dipahami

Kompas.com - 05/05/2022, 07:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat belajar, biasanya seseorang membutuhkan konsentrasi lebih. Apalagi jika ketika hendak mengikuti ujian, maka membaca harus dengan efektif.

Bagi para siswa atau mahasiswa, membaca merupakan salah satu kegiatan yang memberikan banyak manfaat. Untuk memperoleh manfaat yang optimal, kita perlu menggunakan teknik membaca yang tepat.

Ternyata, terdapat beberapa teknik membaca yang cukup populer. Apa saja teknik membaca yang efektif itu?

Baca juga: Solusi Susah Tidur dengan Sleep Hygiene, Mahasiswa Yuk Coba

Melansir akun resmi Instagram Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek, Kamis (28/4/2022), berikut ini 4 teknik membaca cepat dan efektif:

Teknik membaca cepat

Previewing

Previewing merupakan teknik membaca dengan memahami apa yang ada dalam karya tertentu tanpa membaca isi teks. Dengan Previewing mampu memberikan gambaran umum dan menemukan bagian yang perlu dibaca, maupun bagian yang tidak.

Langkah-langkah teknik membaca Previewing:

1. Membaca Judul.

2. Membaca abstrak (jika tersedia).

3. Membaca kalimat utama pada setiap paragraf.

4. Memperhatikan diagram, gambar, tabel, dan semacamnya.

Baca juga: Siswa, Ini 5 Masjid Unik di Indonesia karena Gaya Arsitekturnya

Skimming

Adapun teknik membaca cepat berikutnya ialah Skimming. Skimming adalah teknik membaca dalam jumlah kecil dari keseluruhan teks. Berbeda dengan Previewing, karena teknik ini membaca isi teks.

Manfaat utama dari Skimming adalah kemampuan untuk mengambil ide-ide pokok dengan cepat. Meskipun membaca dengan cepat, tetap perlu membacanya secara runut mulai dari abstrak, hingga akhir halaman yang memiliki kesimpulan.

Scanning

Sedangkan Scanning merupakan teknik membaca sekilas bahan bacaan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran umum dan mencari informasi tertentu.

Teknik ini digunakan ketika perlu menemukan detail spesifik pada topik untuk tugas yang telah ditetapkan.

Kamu harus memindai teks untuk mencari kata-kata yang berhubungan dengan topik dengan menelusuri halaman dalam judul bab atau sub-judul, atau dalam teks itu sendiri.

Detailed Reading

Detailed Reading merupakan teknik membaca membaca intensif yang berfokus pada bagian-bagian penting seperti bab utama, buku, puisi, dan halaman untuk memperoleh pemahaman sepenuhnya atas suatau bahan bacaan.

Baca juga: Sejarah Hari Pendidikan Nasional 2 Mei

Teknik membaca ini biasanya merupakan langkah terakhir setelah Previewing, Skimming, dan Scanning. Ketika menggunakan teknik ini diharapkan membaca lebih dari sekali dan mencatat materi yang penting dan terperinci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com