Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar bagi Siswa

Kompas.com - 09/05/2022, 12:43 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Libur akhir tahun 2022 telah selesai di berbagai daerah di Indonesia. Kini, banyak siswa yang harus kembali ke sekolah untuk menuntut ilmu.

Tetapi, terkadang rasa malas untuk kembali ke rutinitas belajar masih menghantui. Karena itu dibutuhkan motivasi agar siswa kembali bersemangat untuk belajar di sekolah.

Baca juga: Begini Konsep Merdeka Belajar Menurut Ki Hajar Dewantara

Lantas, bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar bagi siswa? Melansir laman resmi SMPN 7 Muara Enim, Sumatera Selatan, ini 7 tips meningkatkan motivasi belajar bagi siswa:

Tips meningkatkan motivasi belajar

1. Buat agenda belajar

Adapun langkah pertama yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar adalah dengan membuat agenda belajar yang jelas. Agenda belajar akan membantumu untuk mengatur waktu dan materi apa yang harus dipelajari.

Dengan demikian, kamu akan lebih fokus dan konsentrasi dalam belajar. Cukup dengan membuat agenda belajar, belajar yang kamu lakukan akan menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Tentukan gaya belajar

Setiap orang memiliki gaya belajarnya masing-masing. Bahkan Setiap metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan.

Maka, tentukan apakah kamu termasuk seseorang yang bertipe visual, auditori, atau kinestetik.

Dengan mengetahui gaya belajar, kamu bisa menyesuaikan diri dengan materi yang ingin dipelajari. Jadi tentukan tipe gaya belajarmu.

Baca juga: 4 Jenis Tanaman Obat yang Harus Diketahui Siswa

3. Istirahat

Untuk tips meningkatkan motivasi belajar selanjutnya ialah dengan istirahat. Ini termasuk salah satu faktor penting dalam proses belajar. Belajar terus menerus tanpa memberikan waktu istirahat akan membuat otak dan tubuh menjadi lelah. Ketika tubuh lelah, proses belajar tidak akan maksimal.

Materi yang dipelajari tidak akan bisa terserap optimal dalam ingatan. Selain itu, istirahat juga dibutuhkan akan kondisi tubuh tetap fit dan sehat.

4. Coba hindari gangguan belajar

Seringkali gangguan saat belajar menghambat proses penyerapan materi. Untuk memperoleh suasana belajar yang baik, hindarilah gangguan belajar yang mungkin terjadi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com