Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Makin Produktif, Ini Tips dari Dosen IPB buat Mahasiswa

Kompas.com - 30/07/2022, 15:38 WIB
Sandra Desi Caesaria

Penulis

KOMPAS.com - Libur panjang bagi mahasiswa, biasanya dilakukan agar otak fresh, tubuh bugar, dan perasaan semakin tenang.

Tetapi, libur panjang juga seharusnya bukan hanya dimanfaatkan untuk memulihkan tubuh serta pikiran dari rasa lelah seusai aktivitas selama kuliah.

Dosen dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Megawati Simanjuntak mengatakan liburan bagi mahasiswa bisa diisi kegiatan-kegiatan yang tidak dapat dilakukan saat kuliah.

“Ketika masuk ke masa liburan panjang, mahasiswa mendapatkan waktu luang hingga dua bulan. Seharusnya bisa dimanfaatkan, dibuat perencanaan di masa liburan yang akan bisa mengisi ulang semangat dan energi supaya segar ketika masuk kuliah lagi,” ujarnya dilansir dari laman IPB University.

Baca juga: 7 Ciri-ciri Lowongan Palsu, Fresh Graduate Wajib Tahu

Ia menambahkan, terkadang mahasiswa kebingungan untuk memilih kegiatan di saat libur.

Hal ini menyebabkan mahasiswa akhirnya memilih untuk bermalas-malasan dan bermain gadget.

Megawati Simanjuntak menyarankan kepada mahasiswa agar dapat membuat liburannya lebih berkesan dan tidak sekedar rebahan.

Mahasiswa juga harus memastikan seluruh tanggungjawab telah diselesaikan dengan baik, seperti hal-hal yang berkaitan dengan tugas akhir, organisasi dan lain-lain. Selanjutnya, jika hendak meninggalkan tempat tinggal atau kostan, pastikan semuanya telah aman untuk ditinggalkan. Hal ini perlu diperhatikan agar liburan dapat dinikmati tanpa adanya rasa tertekan dan khawatir,” imbuhnya.

Menurutnya, mahasiswa juga harus peduli menjaga kesehatannya dengan olahraga fisik sehingga badan lebih fit.

Terlebih selama liburan, berat badan cenderung naik karena tidak beraktivitas fisik.

Liburan juga bisa dimanfaatkan untuk berwisata bersama keluarga maupun teman untuk menjalin dan menjaga silaturahmi. Sekaligus menjernihkan pikiran agar lebih bersemangat.

Untuk mengasah kemampuan non akademik, imbuhnya, mahasiswa juga dapat mengisinya dengan mengikuti berbagai pelatihan singkat sesuai minat dan bakat.

Mahasiswa juga bisa meningkatkan interaksi dengan masyarakat melalui kegiatan sosial yang berlangsung di sekitar tempat tinggalnya. 

Baca juga: 5 Tips Liburan Hemat untuk Mahasiswa

Mahasiswa dapat bergaul dengan Ibu PKK ataupun karang taruna sehingga terbuka wawasannya dan mendapatkan pengalaman nyata seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN). Ilmu yang didapat di kampus dapat diterapkan di masyarakat sehingga memiliki nilai kontribusi.

“Kegiatan ini juga dapat membuka wawasan, memperkaya pengalaman, sekaligus memberikan kenangan bagi mahasiswa,” katanya melalui wawancara terkait topik ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com