Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Berbagai Acara Seru dalam Rangkaian #NFTuntukEdukasi

Kompas.com - 15/09/2022, 15:51 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Siapa bilang kalau non-fungible token atau yang lebih dikenal dengan nama NFT itu hanya berlaku untuk ilustrasi, gambar, atau foto? Padahal, ada NFT banyak sekali bentuk NFT yang bisa Anda temukan untuk dijadikan koleksi ataupun investasi.

Nah, karena pengetahuan masih terbatas inilah, Kogi.NFT, sebuah proyek NFT yang dikelola oleh Kognisi.id by Kompas Gramedia, mengadakan program #NFTuntukEdukasi bertujuan mengenalkan NFT lebih mendalam kepada masyarakat dan mempersiapkan generasi muda Indonesia agar mampu menguasai teknologi masa depan.

Tidak hanya demi kesenangan belaka, NFT memiliki manfaat untuk memajukan generasi bangsa.

#NFTuntukEdukasi diharapkan menjadi sumber edukasi di bidang teknologi digital bagi generasi muda yang kurang memiliki akses dan fasilitas memadai, sehingga tidak ditemukan lagi kesenjangan keterampilan, informasi, dan peluang untuk mendapatkan pendidikan khususnya di bidang teknologi digital yang sangat dibutuhkan saat ini.

Demi mendukung gerakan tersebut, #NFTuntukEdukasi menyelenggarakan rangkaian acara berjudul “Serba Serbi NFT” dengan menghadirkan para profesional di bidangnya sebagai pembicara.

“Serba Serbi NFT: Reliving History Through New Technology” adalah salah satu bentuk realisasi #NFTuntukEdukasi yang sukses diselenggarakan secara luring di Distrik Seni Sarinah yang menghadirkan Commercial Development Harian Kompas Helman Taofani pada Sabtu, 13 Juli 2022 lalu. Di sesi tersebut dijelaskan bahwa bentuk NFT bisa sangat beragam.

Acara ?Serba Serbi NFT: Reliving History Through New Technology? bersama Harian Kompas.Growth Center Acara ?Serba Serbi NFT: Reliving History Through New Technology? bersama Harian Kompas.

Sebagai contoh, Harian Kompas membuat NFT berbentuk arsip dari kumpulan artikel populer selama ia berdiri (1965–2022) dengan judul “Narasi Fakta Terkurasi” yang bisa dibeli di situs OpenSea.

Selain itu, ada pula NFT berbentuk musik yang bisa dibeli menggunakan rupiah melalui Netra. NFT berbentuk musik ini sempat dipaparkan di acara “Serba Serbi NFT: Welcome to the Future” yang dihadiri oleh Founder Kogi.NFT Diptraya P. Ratulangi dan juga Co-Founder & COO Netra Bryan Blanc sebagai pembicara pada Sabtu, 22 Juli 2022 lalu.

Acara Serba Serbi NFT: Welcome to the Future! bersama NetraGrowth Center Acara Serba Serbi NFT: Welcome to the Future! bersama Netra

NFT yang kini tidak hanya populer di kalangan kolektor, seniman, dan content creator memiliki peluang besar untuk dijadikan peluang kerja di masa mendatang.

Apalagi, NFT memiliki beberapa keunggulan seperti kepemilikan yang sah, keaslian, dan kelangkaan yang membuat suatu karya sangat berharga dan memiliki eksklusivitas.

Daftar Acara Terbaru Kogi.NFT x Distrik Seni Sarinah

Pembahasan mendalam mengenai NFT menarik minat masyarakat dan khususnya generasi muda. Melihat tingginya antusiasme peserta pada dua acara sebelumnya, Kogi.NFT x Distrik Seni Sarinah kembali mengadakan berbagai rangkaian acara seputar NFT. Berikut adalah beberapa acara terbaru yang baru saja dilaksanakan di beberapa waktu yang lalu:

1. Serba Serbi NFT: Expanding Creator’s Impact through NFTs and Web3

Tidak diragukan lagi, content creator menjadi salah satu profesi yang banyak digandrungi generasi muda dewasa ini. Dengan adanya NFT dan Web3, maka content creator diharapkan bisa memperluas jangkauannya dalam berkarya dan membuat dampak yang lebih besar lagi.

Bersama Co-Founder dan CEO Gaspack Launchpad Novrizal Pratama, peserta “Serba Serbi NFT: Expanding Creator’s Impact through NFTs and Web3” mendapatkan ilmu tentang prospek menjadi NFT creator di Gaspack Launchpad. Acara ini diselenggarakan pada Minggu, 28 Agustus 2022, pukul 13.00 - 14.30 di Distrik Seni Sarinah.

2. Serba Serbi NFT: Exploring Opportunities in Web3 to Create Impact for the Social

NFT memiliki manfaat yang lebih dari sekadar alat untuk bersenang-senang. Bersama dengan para Co-Founder dari GoodBunny Society, Ditra Komala dan Lupita Ardhyaningrum, peserta dapat mengetahui bahwa NFT dapat digunakan untuk berbuat kebaikan dengan melakukan berbagai inisiatif social impact. Acara ini berlangsung pada Sabtu, 27 Agustus 2022, pukul 17.00–18.30 di Distrik Seni Sarinah.

3. Creator’s Workshop: Making 3D Characters for Beginners using Cinema 4D

Bersama dengan para creator 3D art sebagai pembicara yakni Alfan Khoirudin dan Cherry Meikal, peserta yang terdiri dari content creator dan pemula diajak untuk belajar membuat ilustrasi 3D, mendapatkan mentoring dari Kogi.NFT 3D team, dan juga diberikan tips and tricks untuk membuat karya 3D yang memukau. Acara ini diselenggarakan pada Minggu 28 Agustus 2022, pukul 15.00–17.30 di Distrik Seni Sarinah.

4. Creator’s Workshop: Illustrating Characters using Procreate

Pada sesi ini para peserta diajarkan ilustrasi 2D menggunakan Procreate bersama seorang ilustrator buku anak-anak profesional yang juga merupakan salah satu artist yang membuat Kogi NFT spesial, Husna Aghniya pada Sabtu, 27 Agustus 2022, pukul 13.30–16.00 di Distrik Seni Sarinah. Peserta menjalani proses kreatif pembuatan ilustrasi 2D menggunakan Procreate dan mendapatkan coaching secara langsung dari ahlinya.

Belajar NFT sebagai Modal di Masa Depan

Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan memulai sesuatu yang baru. Apalagi, sekarang ini NFT memiliki popularitas dan membawa banyak sekali peluang bagi masa depan generasi muda. Tunggu apa lagi? Segera cari tahu informasi lebih lanjut dari akun Instagram @kogi.nft @kognisikg, Twitter @kogi_nft dan @kognisikg, YouTube KognisiKG dan hadiri rangkaian acara #NFTuntukEdukasi sesuai dengan jadwal yang tertera. Selamat belajar!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com