Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Belajar Bahasa Jepang untuk Daftar Beasiswa ke Negeri Sakura

Kompas.com - 28/10/2022, 09:15 WIB
Andia Christy,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jepang menjadi salah satu negara di Asia dengan peminat studi yang banyak karena berbagai program yang ditawarkan begitu menarik. Bahkan tidak hanya tertutup pada siswa di dalam negeri, tetapi juga internasional.

Tak heran, menjelang akhir tahun semakin banyak beasiswa yang ditawarkan untuk melanjutkan studi ke Jepang bagi siswa internasional. Pendaftaran telah dibuka dan para pendaftar harus mulai mengirimkan dokumen yang tertera di persyaratan.

Salah satu yang terpenting untuk kamu perhatikan ialah tes kecakapan bahasa Jepang, Japanese-Language Proficiency Test (JLPT). Tentu, butuh persiapan yang matang untuk bisa memperoleh skor JLPT sesuai kebutuhan masing-masing beasiswa.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 ke Jepang 2023: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 15 Juta Per Bulan

Melansir dari bimbingan studi luar negeri Schoters, terdapat 5 tips yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan mengikuti tes JLPT. Simak tipsnya di bawah ini!

1. Mengenal huruf Jepang

Untuk mulai belajar, kamu bisa mempelajari huruf-huruf yang ada di bahasa Jepang terlebih dahulu. Huruf bahasa Jepang terdiri dari 3 aksara, yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji.

Melansir dari lembaga studi Jepang Go Go Nihon, berikut perbedaan 3 aksara tersebut:

  • Hiragana: Digunakan terutama untuk kata-kata asli Jepang dan elemen tata bahasa. Ada 46 karakter dasar yang semuanya melambangkan suku kata.
  • Katakana: Digunakan terutama untuk kata dan nama asing, kata pinjaman dan onomatopoeia (terdengar seperti apa yang dimaksud).
  • Kanji: Ada beberapa ribu karakter kanji yang biasa digunakan. Semua memiliki arti yang berbeda dan sebagian besar memiliki lebih dari satu pengucapan, tergantung pada konteksnya.

Baca juga: Syarat Skor TOEFL dan IELTS untuk Daftar Beasiswa LPDP 2023, Siap-siap

2. Mengenal kosakata

Memperluas kosakata menjadi hal penting untuk mahir dalam berbahasa Jepang, baik dalam mengenal maupun memahami makna dari kata atau kalimat yang dipelajari.

Misalnya seperti kata Irasshaimase yang berarti “selamat datang” dan Konbanwa bermakna “selamat malam”.

3. Pelajari tata bahasa

Mempelajari tata bahasa dalam bahasa Jepang harus dilakukan secara konsisten. Kamu bisa memulai dari tingkat dasar dalam kemampuan tes JLPT yakni N5 untuk benar-benar menguasai dan memahami berbahasa Jepang dasar.

Baca juga: Sulit Kelola Keuangan, Tantangan Mahasiswa Indonesia yang Kuliah di Luar Negeri

4. Latihan soal JLPT

Kamu dapat mulai mengerjakan latihan soal JLPT untuk membiasakan diri dengan tipe soal dan prosedur yang akan dihadapi saat mengikuti tes nantinya.

Terdapat banyak buku cetak ataupun daring yang telah tersedia di internet. Bahkan, di berbagai media sosial pun telah banyak yang membagikan latihan soal untuk JLPT ini.

5. Kursus bahasa Jepang

Untuk membuat persiapan yang sebelumnya sudah dijelaskan, kamu juga bisa mengikuti kursus persiapan JLPT supaya skor kamu bagus. Tentu, dibutuhkan modal lebih juga untuk mengikuti ini.

Demikian 5 tips yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan tes JLPT. Selain kelima tips tersebut, perlu juga ketekunan dan kedisiplinan diri supaya semuanya bisa terlaksana dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com