Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Situs untuk Cek Plagiarisme Tugas hingga Karya Ilmiah

Kompas.com - 29/10/2022, 09:30 WIB
Andia Christy,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Menulis karya ilmiah menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari oleh seorang mahasiswa. Baik itu untuk tugas setiap semester hingga skripsi.

Plagiarisme atau penjiplakan pada berbagai bentuk tulisan seperti karya ilmiah sering menjadi masalah. Plagiarisme tidak diperkenankan karena melanggar hak cipta.

Untuk mencegah terjadinya plagiarisme, pemerintah telah membuat aturan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 17 Tahun 2010 (Permendikbud No. 17 Tahun 2010) tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi.

Peraturan tersebut berisi pengertian, pencegahan, penanggulangan, serta sanksi bagi siapapun yang berada dalam lingkup perguruan tinggi.

Baca juga: Guru Besar Unesa Beberkan Kiat Hindari Plagiarisme

Oleh karena itu, plagiarisme sangat penting untuk diperhatikan dan dicegah untuk dilakukan. Upaya pencegahan plagiarisme terus dilakukan dalam berbagai lingkup, terutama lingkup perguruan tinggi.

Untuk mencegah plagiarisme, terdapat beberapa cara cek plagiarisme dalam teks atau dokumen dengan mudah dan praktis.

Melansir dari situs Institut Teknologi Batam (ITEBA) dan Universitas Negeri Makassar (UNM), kamu bisa mencoba 8 situs di bawah ini untuk memeriksa plagiarisme teks atau dokumen dengan mudah dan praktis.

1. Duplichecker

Duplichecker adalah situs yang memberikan hasil pengecekan plagiarisme dalam bentuk presentasi sehingga kamu dapat melihat berapa besar kemiripan karya dengan orang lain.

Kamu dapat mengunjungi situs duplichecker.com dan masukkan teks ke dalam kotak pencarian dengan batas maksimum 1.000 kata per pencarian.

Selain itu, kamu juga dapat mengunggah dokumen atau menggunakan alamat sebuah situs.

Jika tidak ditemukan kecocokan, akan muncul pesan “No Plagiarism Detected!”. Sementara jika ada kecocokan, Duplichecker akan menampilkan berapa persen jumlah plagiarisme serta sumber teks.

Baca juga: 5 Negara yang Penduduknya Paling Malas di Dunia, Indonesia Nomor 1

2. Plagiarism Detector

Untuk mengecek plagiarisme gratis bisa dilakukan di situs Plagiarism Detector, kamu tinggal mengakses situs resmi mereka lalu masukkan teks pada kolom cek plagiarisme atau unggah dokumen.

Hasil plagiarisme akan ditampilkan dalam bentuk persentase.

Kemudian, kamu dapat klik “Matched Text” untuk menunjukkan sumber teks yang orisinil.

3. Smallseotools

Smallseotools tidak hanya mampu menerima satu jenis file, tetapi berbagai format dokumen seperti DOC, PDF, TXT, dan masih banyak lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com