Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Jadi Penulis Buku? Ini Cara Mengirim Naskah ke Penerbit Gramedia

Kompas.com - 02/11/2022, 09:03 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Lewat tulisan, setiap orang bisa berbagi ide, inspirasi, dan cerita untuk sesama. Bila kamu sedang berpikir untuk mulai menulis dan ingin jadi penulis buku, bahkan menulis komik, peluangmu terbuka lebar.

Sekarang ada cara terbaru untuk mengirim naskah ke Gramedia yang lebih mudah dan praktis, yaitu melalui Digital Publishing System.

Digital Publishing System adalah situs web yang menjembatani calon penulis dengan enam penerbit yang berada di grup penerbit Gramedia.

Baca juga: Lulusan S1 Mau Jadi Guru? Kemendikbud Buka 40.000 Kuota Calon Guru di PPG

Keenam penerbit itu adalah Gramedia Pustaka Utama (GPU), Elex Media Komputindo, Grasindo, Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), m&c!, dan Bhuana Ilmu Populer (BIP).

Dengan cara ini, kamu enggak perlu lagi mengirim naskahmu via e-mail atau lewat pos. Berikut langkah-langkahnya dari Gramedia.com:

Cara mengirim naskah ke penerbit

Silakan mengakses situs web Digital Publishing System di dps.gramedia.com. Lakukan registrasi dengan mendaftarkan e-mail yang aktif, buat password akun, lalu klik "Register".

Lalu, cek kotak masuk e-mail yang digunakan untuk registrasi. Buka e-mail aktivasi, lalu klik link aktivasi. Apabila sudah berhasil melakukan aktivasi, login lagi untuk mengisi data pribadi.

Jika sudah mengisi data dan klik "Simpan", berarti kamu sudah berhasil bergabung di Digital Publishing System. Registrasi ini gratis dan siapa pun bisa mendaftar.

Baca juga: 5 Negara yang Penduduknya Paling Malas di Dunia, Indonesia Nomor 1

Setelah kamu memahami hal-hal di atas dan berhasil melakukan registrasi dan aktivasi akun, kini saatnya mengirim naskah.

Untuk format naskah, tidak ada ketentuan khusus mengenai format penulisan ataupun jumlah halaman, yang terpenting saat naskah dikirim ke penerbit, pastikan format file berupa PDF dengan maksimal ukuran 50Mb.

Pastikan bentuk naskah sudah rapi ya supaya editor bisa nyaman saat me-review naskah kamu.

Untuk naskah bergambar, bisa dikirim dengan versi resolusi rendah terlebih dahulu, apabila ukuran file tidak mencukupi batas 50Mb.

Bila naskah sudah siap, di dashboard akun, klik tombol "Kirim Naskah".

Pilih penerbit yang akan dituju. Dalam satu kali proses upload, boleh memilih maksimal tiga penerbit, tetapi tetap diperbolehkan jika kamu hanya ingin mengirim ke satu penerbit.

Ikuti tahap-tahapnya sampai selesai, dari mulai menulis judul, menulis sinopsis, mengunggah file, hingga mengisi data naskah, lalu klik "Selesai".

Baca juga: Syarat Skor TOEFL dan IELTS untuk Daftar Beasiswa LPDP 2023, Siap-siap

Jika sudah ada tampilan bahwa "Naskah Telah Diunggah", berarti naskahmu sudah berhasil dikirim ke penerbit.

Ketika naskah berhasil diunggah, tunggu sampai naskahmu di-review oleh editor, ya. Setiap ada perubahan status bisa dipantau sendiri di dashboard.

Proses review dari penerbit dilakukan minimal tiga bulan, tetapi setiap penerbit memiliki kebijakannya masing-masing sehingga bisa lebih lama atau bahkan lebih cepat.

Itulah langkah-langkah mengirimkan naskah ke Penerbit Gramedia. Selamat berjuang dan raih mimpi kamu menjadi penulis terkenal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com