Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Indonesia, Kampus Terbaik Nasional 2023 Versi QS AUR

Kompas.com - 17/11/2022, 10:18 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Universitas Indonesia (UI) menduduki posisi pertama sebagai kampus terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian Lembaga pemeringkatan universitas dunia Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Rankings (AUR) 2023, pada Selasa (8/11/2022).

QS AUR 2023 melakukan pemeringkatan untuk 760 universitas terbaik di Asia dan menjadi pemeringkatan terbesar yang meliputi reputasi akademis dan pemberi kerja, jumlah staf yang memegang gelar PhD, dan persentase siswa internasional.

Terdapat 40 universitas di Indonesia baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang masuk dalam pemeringkatan.

Baca juga: Dosen Unair Ini Masuk Top 2 Persen Peneliti Terbaik Dunia

UI sendiri berhasil menyabet kampus terbaik dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh QS AUR 2023 tersebut, yang menduduki peringkat ke 49 se-Asia dan urutan pertama di Indonesia.

UI unggul dari kampus lain di Indonesia dan di Jabar dengan total nilai keseluruhan (overall score) 62,2. Dari 11 bidang indikator kinerja QS AUR 2023, Undip memperoleh nilai dari dari indikator academic reputation 77,3, employer reputation 84,1, faculty/student ratio 65,5, staff with a PhD 1.

Indikator papers per faculty 12,5, citations per paper 1,1, international research network 50,6, international faculty 98,9, international students 17,9, inbound exchange students 99,8, dan outbound exchange students 100.

Baca juga: Universitas Airlangga, Kampus Terbaik di Jawa Timur Versi QS AUR 2023

Lokasi kampus UI

Mengetahui keberhasilan UI tersebut, menarik untuk mengenal lebih dalam tentang profil UI. Dengan demikian, kamu mengetahui fakultas dan pilihan program studi (prodi) yang tersedia di kampus tersebut.

UI terletak di Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Awalnya UI memiliki tiga kampus yakni di Salemba, Pegangsaan Timur, dan Rawamangun. Pada 1985, kampus UI seluas 320 hektar di bangun di Depok. Dalam proses panjang, ketiga kampus tersebut digabung menjadi satu lokasi yakni di Depok.

Merilis laman resminya, UI dikenal sebagai “Kampus Perjuangan” karena merupakan sebuah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas.

Baca juga: Cara Ajari Anak Sayang Hewan Peliharaan, Baik bagi Tumbuh Kembang

Selain itu, UI juga secara simultan berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia. Sebagai universitas riset, upaya-upaya pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan, dan difusi pengetahuan secara regional dan global selalu dilakukan. Itulah sebabnya, UI secara terus-menerus berperan penting ambil bagian di level nasional dan dunia.

UI dapat dikatakan sebagai representasi kampus tertua di Indonesia dan Asia yang memegang peranan penting memajukan generasi bangsa. Pasalnya, kampus ini berkembang cukup pesat tahun demi tahun. Hingga di usianya yang ke-173, kampus beralmamater kuning tersebut telah meluluskan 400.000 alumni.

Kampus ini semakin terkenal, diminati, dan incaran kaum muda untuk menimba ilmu karena telah terbukti mampu mencetak anak bangsa menjadi lulusan terbaik, terkenal ahli di bidangnya, pejabat negara, dll. Ada kebanggaan tersendiri ketika menjadi salah satu alumnus dari UI.

Baca juga: Rangkul PIM, President University Sediakan 400 Beasiswa Program S1

Fakultas dan prodi S1 di UI

UI terakreditasi “A” berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 406/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/VIII/2022. Berikut fakultas dan prodi untuk jenjang sarjana (S1) yang tersedia di UI.

1. Fakultas Kedokteran

Kedokteran

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com