Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Manfaat Ikut Organisasi Mahasiswa di Kampus

Kompas.com - 06/12/2022, 06:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjadi mahasiswa masa kini tidak bisa hanya sekedar kuliah saja. Tetapi, mahasiswa juga harus ikut organisasi di kampus.

Ada banyak manfaat ikut organisasi mahasiswa di kampus. Salah satunya bisa menambah pengetahuan, sehingga pemikiranmu menjadi lebih luas.

Tentunya, kamu harus bisa mengatur waktu ketika ikut suatu organisasi. Atau jangan sampai jadwal kuliahmu terganggu dengan mengikuti organisasi.

Jadi, salah satu kegiatan yang jadi pilihan mahasiswa untuk mengisi waktu luang saat masa kuliah adalah dengan mengikuti kegiatan organisasi yang biasanya diselenggarakan oleh lingkup kampus.

Baca juga: 5 Cara agar Tidak Kecanduan Medsos, Penting bagi Pelajar/Mahasiswa

Apapun kegiatan organisasi yang diikuti tersebut, pastinya dapat memberikan manfaat untuk masa depan kamu.

Dilansir dari laman Institut Teknologi Batam (Iteba), berikut ini 5 manfaat ikut organisasi mahasiswa di kampus yang harus kamu ketahui.

Manfaat ikut organisasi mahasiswa di kampus

1. Menambah pengetahuan

Dengan ikut organisasi dapat memberikan pengetahuan yang secara langsung lewat interaksi antaranggota organisasi.

Ini karena sebuah organisasi cenderung melakukan penyusunan kegiatan yang berfokus pada hubungan langsung dengan masyarakat sehingga kecakapan sosial dapat berkembang dengan baik jika kamu mengikuti organisasi.

2. Memperluas jaringan

Jika kamu masuk ke dalam sebuah organisasi berarti bergabung dalam sebuah kesatuan jaringan. Organisasi tergabung dalam sebuah wadah yang memiliki persaudaraan yang sama-sama kuat.

Baca juga: Mahasiswa Cari Kos-kosan, Ceklist Dulu 10 Hal Ini

Mada dari itu, tidak heran jika mahasiswa yang ikut aktif dalam kegiatan organisasi seringkali memiliki relasi yang banyak dari berbagai kalangan, baik itu dari lingkup mahasiswa sendiri hingga pejabat atau politisi.

3. Bisa mengasah kemampuan

Saat bertemu serta berdiskusi dengan orang banyak, secara tidak langsung dapat mengasah keterampilan interpersonal seseorang.

Berorganisasi merupakan salah satu cara efektif untuk mampu meningkatkan dan mengasah hubungan antarindividu yang memiliki karakter berbeda.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com