Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tips Olahraga Ringan di Rumah yang Mudah dan Murah

Kompas.com - 11/12/2022, 08:29 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kini, masyarakat mulai hidup berdampingan dengan Covid-19. Meski demikian, masyarakat harus tetap bisa menjaga kesehatannya dengan baik.

Salah satunya dengan rutin melakukan olahraga. Tentu, olahraga bisa dilakukan di rumah karena cukup mudah dan murah.

Seperti apa tips olahraga ringan di rumah? Apakah dengan berolahraga bisa tetap menjaga kesehatan?

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), salah satu manfaat olahraga ialah bisa menjaga tekanan darah jadi stabil atau menjaga tubuh tetap bugar dan kuat.

Baca juga: 10 Olahraga di Rumah, Cocok bagi Pelajar dan Mahasiswa

Tips olahraga ringan di rumah

Berikut ini jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah dan sangat cocok bagi pelajar maupun mahasiswa:

1. Jalan-jalan

Untuk berolahraga yang murah tak harus dilakukan di luar rumah. Jalan-jalan bisa dilakukan di koridor atau halaman rumah. Atau kamu bisa mencoba naik turun tangga di rumah.

2. Jogging

Jogging tak harus dilakukan di taman. Tapi kamu bisa melakukan jogging di rumah dan sambil nonton TV atau dengan mendengarkan musik.

3. Sit up

Adapun tips olahraga ringan di rumah berikutnya ialah dengan sit up. Ini adalah salah satu olahraga yang sangat dianjurkan.

Gerakan sit up bermanfaat untuk memperkuat otot-otot perut. Cara ini sangat efektif untuk mengencangkan otot-otot perut kamu yang masih kendur.

Baca juga: Akademisi Unesa: Ini 4 Manfaat Olahraga Saat Puasa

4. Push up

Untuk push up, meski gerakannya sangat sederhana, variasi push up sebenarnya sangat beragam. Kamu bisa melihat videonya di Youtube. Push up merupakan salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah tanpa bantuan alat.

5. Leg lift

Olahraga leg lift juga bisa dilakukan di rumah. Gerakan ini tentu berguna untuk memperkuat otot-otot kaki. Kamu juga bisa mengombinasikan leg lift dengan gerakan lain, seperti push up atau sit up.

6. Squat

Sedang gerakan squat berguna untuk memperkuat kaki dan punggung. Kamu bisa mempraktikkan gerakan squat dengan berdiri dan duduk di atas kursi. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang.

7. Angkat beban

Untuk olahraga angkat beban juga tidak harus dilakukan di gym menggunakan dumble dan barble.

Tapi kamu bisa memanfaatkan peralatan seadanya yang bisa didapatkan di sekitar rumah, seperti timba berisi air atau sisa botol tak terpakai dengan disi air atau pasir.

8. Naik turun tangga

Jika di rumah kamu ada anak tangga, maka bisa kamu gunakan untuk olahraga naik tangga. Meski gerakannya sangat sederhana, manfaat olahraga ini sangatlah luar biasa.

Jika gerakan ini kamu lakukan secara maksimal, naik turun tangga bermanfaat untuk memperkuat otot dan tulang kaki.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Diare bagi Siswa

9. Jumping jack

Jika kamu belum tahu gerakan jumping jack, maka cobalah untuk melihatnya di Youtube. Selain mudah dan praktis, gerakan jumping jack merupakan latihan cardio yang bagus untuk pemanasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com