Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UGM Belajar Strategi Bisnis Sepak Bola di Manchester City

Kompas.com - 12/12/2022, 12:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lima mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) berkesempatan untuk belajar strategi bisnis klub sepak bola Manchester City Football Club secara langsung di Inggris.

Kesempatan belajar bisnis sepak bola ini mereka lakukan saat menempuh studi selama satu semester di Coventry University Inggris melalui program Indonesian International Student Mobility Awards edisi Vokasi (IISMAVO) dengan skema Industrial Class-Based + Industrial Experience.

Belajar strategi bisnis sepak bola tersebut bagian dari pembelajaran di luar kelas. Beberapa waktu lalu, mereka mengunjungi Stadion Etihad yang merupakan markas Manchester City Football Club.

Baca juga: Pendidikan Erina Gudono, dari UGM sampai Columbia University

Mereka belajar bagaimana memanfaatkan segala peluang bisnis bukan saja untuk memajukan klub, namun juga perekonomian kota Manchester.

“Industrial visit kali ini memberikan manfaat kepada kami, selain bisa mempelajari sejarah pembentukan klub, kami dapat melihat sisi keuletan mereka yang selalu berimprovisasi dalam memberikan hal yang terbaik kepada para pelanggan,” ungkap Raden Ayu Elita Putri, mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Bahasa Inggris, dilansir dari laman UGM. 

Ia mengatakan, saat kunjungan tersebut para mahasiswa diajak berkeliling stadium untuk melihat fasilitas yang dapat menunjang performa tim sekaligus meningkatkan pemasukan untuk klub dan juga kota Manchester.

“Mereka bersikap profesional dengan menyambut kami dengan baik, dan menjelaskan secara rinci dari sudut ke sudut bangunan,” imbuhnya.

Dari kunjungan industri tersebut, mereka dapat melihat dan merasakan secara langsung aktivitas yang dilakukan di dunia industri.

Baca juga: 5 Beasiswa dengan Uang Saku Besar, Ada yang Capai Rp 300 Juta

Termasuk gaya kepemimpinan dan mekanisme produksi yang diterapkan. Menariknya lagi, mereka juga memperoleh informasi terkait peluang magang ataupun bekerja di industri yang dikunjungi.

Selain Elita, mahasiswa UGM lainnya yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Farhan Fadhlurrahman dari Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Mesin, Galih Puji Kurniawan dan Maryam Jundiah Rahmah dari Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Penilaian Properti, serta Nadiva Rizkita Agustina dari Program Studi Sarjana Terapan Bahasa Inggris.

Mereka dibimbing oleh Prof Benny Tjahjono, dosen Sustainability and Supply Chain Management di Centre for Business in Society (CBiS).

CBiS adalah salah satu pusat riset unggulan di Coventry University dengan jejaring industri yang luas.

Manchester City merupakan salah satu dari 7 industri ternama di Inggris yang yang dikunjungi oleh mahasiswa UGM penerima beasiswa IISMAVO dalam rangkaian the Pride of Britain Tour.

Selain klub tersebut, mereka juga berkesempatan untuk berkunjung dan belajar di Jaguar Land Rover, Bloomberg, Morgan Motor Company, Brompton, Mini Cooper, dan JCB.

Baca juga: Biaya Kuliah S1-S2 di Kampus Top Dunia: MIT, Stanford, Harvard

Galih, salah satu mahasiswa mengatakan jika kunjungan industri sangat penting bagi mahasiswa vokasi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com