Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Sekolah, Ini Kegiatan Seru bersama Keluarga di Rumah

Kompas.com - 13/12/2022, 13:01 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mulai minggu depan, 19 Desember 2022, banyak siswa yang sudah libur sekolah. Namun ada pula yang belum liburan.

Bagi yang ingin liburan tapi belum ada agenda untuk pergi atau jalan-jalan, maka bisa mencoba kegiatan seru libur sekolah di rumah saja.

Jadi, liburan tak harus ke tempat wisata. Tetapi bisa diisi dengan kegiatan bersama keluarga yang menyenangkan.

Melansir laman Universitas Ciputra, ada beberapa tips yang bisa digunakan oleh orangtua untuk menyusun libur sekolah bersama anaknya di rumah.

Baca juga: 7 Kegiatan Seru Saat Liburan di Rumah

Libur sekolah di rumah

1. Lakukan aktivitas seru bersama-sama

Jadi, orangtua bisa melibatkan relaksasi dan aktivitas seru secara bersamaan, seperti berkebun atau mengatur lahan belakang agar bisa menjadi tempat untuk BBQ dan anak bermain di saat bersamaan.

Tentunya, berkebun memiliki efek yang menenangkan, namun juga menyenangkan ketika anak-anak memutuskan untuk terlibat di dalamnya.

Bagi anak-anak, berkebun memunculkan keingintahuan, membuat mereka belajar hal baru, dan terlibat dalam aktivitas yang kotor. Bagi orangtua sendiri, berkebun menarik kita keluar dari aktivitas hiruk pikuk pekerjaan.

Selain itu, bisa pula dengan menyiapkan ruang untuk BBQ dan anak bermain. Dalam hal ini, kita bisa melakukan BBQ bersama dengan pasangan kita, namun tidak terpisah dari aktivitas anak-anak.

Kita mungkin melakukan hal yang berbeda, namun kehadiran kita dekat dan kita bisa dengan mudah sewaktu-waktu terlibat dalam apa yang mereka lakukan.

Baca juga: Liburan di Rumah, Yuk Ciptakan Pembelajaran Menarik bagi Anak

2. Butuh waktu tenang

Meskipun kesenangan dan adrenalin adalah kunci penting dari libur sekolah anak-anak, mereka tetap membutuhkan waktu tenang.

Tentunya, waktu tenang juga diperlukan agar mereka dapat menikmati aktivitas seru lainnya setelah waktu tenang.

Maka dari itu, kita bisa mengajak anak untuk menggambar saat kita membaca buku, atau mengajak mereka untuk nonton film bersama sambil makan makanan kesukaan mereka.

3. Beri tantangan pada anak

Adapun tips saat libur sekolah yang lain ialah dengan memberikan tantangan pada anak. Kita bisa meningkatkan keseruan aktivitas di rumah dengan memberikan anak-anak kita tantangan.

Ajak mereka berkompetisi, dan jika memungkinkan, tantang mereka untuk mengalahkan Anda dalam suatu permainan.

Tak hanya itu saja, kita bisa mengajak mereka bermain board game seperti monopoli, dan berikan hadiah sederhana untuk kemenangan mereka.

Baca juga: Musim Liburan, Pakar: Taati Informasi Mitigasi Bencana di Tempat Wisata

Bentuk hadiah bisa berupa kupon (seperti kupon pijat, kupon makan makanan favorit) yang dapat mereka tukarkan ke kita. Ini bisa jadi permainan menarik bagi mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com