Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Liburan? Ini Tips Kelola Jadwal Cuti Kerja dari Alumni UGM

Kompas.com - 16/12/2022, 12:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi para pekerja, saat libur adalah waktu yang tepat untuk beristirahat. Tapi, jika libur di akhir pekan itu sudah biasa.

Maka dari itu, pekerja, karyawan atau pegawai membutuhkan libur yang lebih lama lagi. Jalan satu-satunya ialah dengan mengajukan cuti.

Jika cuti, maka bisa rehat sejenak bahkan bisa pergi untuk liburan bersama keluarga. Hal ini penting karena berlibur adalah upaya untuk mendongkrak produktivitas kehidupan.

Itu sebabnya pemerintah dan perusahaan menyadari pentingnya rehat sejenak dari pekerjaan dengan memberikan jatah cuti bagi para karyawannya.

Baca juga: Musim Liburan, Pakar: Taati Informasi Mitigasi Bencana di Tempat Wisata

Hanya saja, saat mengambil jatah cuti terkadang membuat pekerjaan di kantor menjadi berantakan.

Jika tak ada karyawan lain yang menggantikan, maka butuh suatu tips agar bisa mengambil cuti kerja yang tepat.

Tips kelola jadwal cuti kerja

Melansir laman Alumni UGM, berikut ini beberapa tips kelola jadwal cuti kerja yang bisa dicoba:

1. Membuat perencanaan yang tepat

Jika ingin cuti dengan waktu yang tepat, maka kamu bisa memastikan dari awal. Pastikan kamu sudah merencanakan sejak jauh hari di bulan apa yang bisa digunakan untuk mengambil cuti.

Jadi, sebelum mengajukan cuti kamu harus tahu tujuan cuti tersebut diambil. Apakah untuk keperluan berlibur, melahirkan, atau keperluan mendesak?

Baca juga: Universitas Ciputra Bagikan 7 Tips Liburan Saat Pandemi

Tentu, setiap alasan memiliki urgensi yang berbeda. Jika tujuan kamu berlibur, lakukanlah jauh hari sehingga kamu bisa menyelesaikan pekerjaan saat liburan.

2. Samakan dengan jadwal keluarga

Jika ingin berlibur bersama keluarga, maka harus jauh-jauh hari disamakan dengan cuti keluarga. Maka nanti bisa liburan bersama.

Langkah selanjutnya ialah mengkoordinasikannya dengan rekan kerja di kantor. Caranya dengan menyampaikan kepada dia jika ingin mengambil cuti yang panjang bersama keluarga.

Coba lakukan pertukaran jadwal cuti dengan rekan kerja agar sistem kerja di kantor tetap teratur dan terkendali dengan baik.

3. Kondisi pekerjaan harus diperhatikan

Tips kelola jadwal cuti kerja berikutnya ialah melihat kondisi pekerjaan di kantor. Pastikan dan perkirakan bahwa di jadwal cuti yang diambil sedang tidak menangani proyek atau pekerjaan yang padat.

Jika banyak pekerjaan di kantor, maka coba selesaikan terlebih dahulu sebelum mengambil cuti agar pada saat mengambil cuti jadi tidak terganggu dengan pekerjaan.

Baca juga: 5 Tips Semangat Belajar Usai Liburan

4. Keuangan harus direncanakan

Merencanakan keuangan tentu sangat penting. Apalagi jika ingin cuti kerja dan berlibur. Maka keuangan harus direncanakan atau dipersiapkan jauh-jauh hari.

Kamu bisa menggunakan celengan yang nantinya akan digunakan pada saat cuti kerja. Jadi, pastikan keuangan bisa cukup untuk liburan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com