Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Mahasiswa Jadi Pemimpin Masa Depan, Tanoto Raih Anugerah Dikti Ristek

Kompas.com - 19/12/2022, 17:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Program TELADAN (Transformasi Edukasi untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan) milik Tanoto Foundation menerima dua anugerah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam Malam Anugerah Diktiristek 2022.

Program TELADAN sendiri mendapat 2 penghargaan dari 2 kategori yang berbeda di ajang Anugerah Diktiristek 2022.

Pertama, penghargaan pertama adalah Anugerah Mitra Kerja Sama Pendukung Program Diktiristek, sebagai Filantropi Transformatif untuk Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Baca juga: 4 Beasiswa S1, S2, dan S3 Luar Negeri 2023 Tanpa Ujian Tulis

Sedangkan penghargaan kedua adalah apresiasi atas dukungan Tanoto Foundation dalam penyelenggaraan Anugerah Diktiristek 2022.

Head of Leadership Development and Scholarship Tanoto Foundation, Aryanti Savitri menyampaikan bahwa Tanoto Foundation terutama melalui program TELADAN, senantiasa ingin menjadi bagian dalam transformasi ekosistem pendidikan tinggi di Indonesia.

“Usaha transformasi kami lakukan melalui dukungan beasiswa kepemimpinan bagi mahasiswa di perguruan tinggi mitra kami, riset-riset kolaboratif terkait isu pendidikan tinggi, bahkan eksperimen model-model pengembangan talenta dan pemimpin masa depan.” ungkap Aryanti.

Tanoto Foundation sendiri adalah organisasi filantropi independen di bidang pendidikan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981.

Baca juga: 31 Jurusan D4, S1, S2 yang Paling Dibutuhkan untuk Masuk Polri

Hingga kini, program TELADAN memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan mahasiswa atau pelajar.

Misalnya, program beasiswa kepemimpinan TELADAN yang sudah menyasar penerima manfaat tingkat sarjana di sembilan perguruan tinggi mitra.

Antara lain Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Andalas, Universitas Brawijaya (UB), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Riau, dan Universitas Sumatera Utara (USU).

Selain beasiswa kepemimpinan, program TELADAN juga mendukung pengembangan melalui Tanoto Scholars Association, Tanoto Scholars Gathering, Tanoto Student Research Award, Tanoto Future Leaders Business Acumen Program, Internship Program, hingga Global Experiences Program.

Baca juga: Beasiswa Penuh S1-S3 ke Rumania 2023, Tanpa IELTS dan TOEFL

Berbagai riset dan program transformasi kolaboratif bersama perguruan tinggi mitra beserta kementerian dan lembaga dilakukan untuk mendukung implementasi merdeka belajar kampus merdeka, capaian indikator kinerja utama perguruan tinggi, serta matching fund.

Pemberian Anugerah Diktiristek 2022 ini merupakan apresiasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan teknologi (Diktiristek) kepada pemangku kepentingan dari perguruan tinggi, Lembaga Layanan DIKTI, jurnalis, media, dan mitra (kementerian, lembaga, serta dunia usaha dan dunia industri), yang telah meraih pencapaian tertinggi dan berkontribusi dalam mendukung implementasi transformasi pendidikan tinggi.

“Tanoto Foundation mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbud Ristek, khususnya Ditjen Diktiristek, atas apresiasi yang diberikan bagi kami. Sebagai organisasi filantropi yang berkomitmen mendukung pendidikan di Indonesia, ini menjadi salah satu semangat bagi kami untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam melakukan transformasi edukasi untuk melahirkan pemimpin masa depan Indonesia” tutup Aryanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com