Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hobi Gambar? Yuk Ikut Kompetisi Desain Tas Berhadiah Rp 8 Juta

Kompas.com - 27/12/2022, 14:49 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Eversac Product Innovation Competition 2023 (EPIC 2023) mengajak generasi muda untuk menanamkan rasa bangga akan keragaman budaya Nusantara melalui kompetisi ilustrasi dan desain grafis untuk produk tas Eversac.

Eversac merupakan salah satu Homebrand milik PT Gramedia Asri Media, salah satu Business Unit dari Kompas Gramedia, yang bergerak di bidang fashion, khususnya produksi tas untuk usia anak-anak hingga orang dewasa.

Terinspirasi dari keragaman budaya Indonesia yang sangat banyak, tema kompetisi ilustrasi dan desain tas yang diusung pada EPIC 2023 adalah Nusantara.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei Darussalam 2023, Tunjangan Rp 7 Juta Per Bulan

Tema Nusantara dapat diaplikasikan dalam beragam bentuk, baik dari segi kebudayaan dan tradisi, kampung halaman, makanan khas daerah, flora dan fauna endemik, sejarah perjuangan Indonesia, atau perilaku masyarakat sehari-hari.

"Kami percaya bahwa ada banyak sekali seniman lokal yang tentunya dengan niche-nya masing-masing, dapat menciptakan karya seni yang berkualitas dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Perilaku dan bakat ini diturunkan dari para leluhur Nusantara yang sudah berhasil membuat Indonesia kaya dengan berbagai karya seni baik dari segi bangunan dan arsitektur, seni rupa, tarian, nyanyian, puisi, pakaian adat, serta cerita-cerita rakyat," tulis keterangan resmi EPIC 2023.

Eversac percaya bahwa para seniman ini dapat menciptakan ‘budaya’ baru di masa yang akan datang khususnya di bidang fashion.

Eversac juga ingin menjadi media penyalur untuk para seniman Indonesia dalam menyingkapkan potensi, bakat serta niche-nya agar di kemudian hari, rasa bangga dalam menggunakan produk lokal akan semakin timbul dan budaya dalam mengenakannya dapat semakin meluas ke seantero wilayah Nusantara.

Baca juga: Apakah Minum Suplemen Dapat Merusak Ginjal? Ini Penjelasan Dokter UGM

Ilustrasi dan desain yang telah dibuat selanjutnya harus diaplikasikan secara digital ke dalam tas backpack Eversac tipe Ace.

Pemenang terpilih dari kompetisi EPIC 2023 akan mendapatkan hadiah hingga Rp 8 jyra dengan kesempatan produksi tas dengan hasil karyanya secara massal.

Kompetisi ini berlangsung dari tanggal 24 Desember 2022 – 8 Januari 2023. Kompetisi ini terbuka bagi kamu yang berusia 17-35 tahun.

Untuk melihat detail lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan serta mekanisme kompetisi dari EPIC 2023, para calon peserta dapat melihat guidebook yang telah disediakan melalui link https://heyzine.com/flip-book/149d682082.html

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com