Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut SNBP 2023? Simak 9 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Sesuai

Kompas.com - 23/01/2023, 12:41 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa tentu butuh tips atau cara memilih jurusan kuliah yang sesuai. Apalagi yang persiapan ikut Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023.

Bulan depan pendaftaran SNBP 2023 akan dibuka, maka calon mahasiswa harus segera menentukan pilihan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat.

Hal ini penting karena ada banyak jurusan kuliah di perguruan tinggi. Jadi, jangan sampai kamu salah pilih jurusan kuliah.

Melansir laman gramedia.com, ada beberapa tips atau cara memilih jurusan kuliah yang tepat bagi calon mahasiswa, terutama untuk referensi ikut SNBP 2023 atau SNBT 2023.

Baca juga: Cek Jurusan Kuliah yang Prospek Kerjanya Bagus, Nomor 1 Tak Diragukan Lagi

Cara memilih jurusan kuliah

1. Kenali dulu passion kamu

Kamu bisa mengecek nilai-nilai mata pelajaran di sekolah yang paling baik. Dari situ bisa untuk menentukan jurusan kuliah.

Jadi, sesuaikan dulu passion kamu. Atau melihat prestasi selain pelajaran di sekolah. Misalnya, kamu berbakat menggambar maka kamu bisa memilih jurusan yang berhubungan dengan gambar, seperti Desain Komunikasi Visual (DKV), Seni Rupa, dan lainnya.

2. Sesuaikan dengan kepribadian

Ternyata, kepribadian juga punya peran penting. Cocokan kepribadian dan jurusan yang kiranya tepat dengan kepribadianmu.

Dalam hal ini pahami juga kemampuanmu, jika ingin menjadi seorang dokter namun tidak memiliki kemampuan yang mumpuni pada mata pelajaran IPA, tentu akan menyulitkan langkahmu ke depannya.

3. Jangan pilih karena prospek finansial

Jangan memilih jurusan kuliah yang nantinya bisa membuat kamu mapan. Itu adalah pandangan lama. Jadi, jangan jadikan uang sebagai acuan.

Pendidikan ada untuk mengembangkan semua potensi dan kapasitas intelektual seseorang agar dapat berkembang sesuai dengan apa yang benar-benar kamu inginkan.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah IPS, Kamu Cocok yang Mana?

4. Minta pendapat orang terdekat

Jika kamu pusing karena mencari referensi di internet, maka kamu bisa meminta pendapat dari beberapa orang terdekat. Itu bisa membuka pemahaman kamu dalam memilih jurusan kuliah.

Selain karena mereka pernah menjalani bidang ini, mereka juga akan lebih paham mengenai prospek karier pada jurusan yang bersangkutan.

Contohnya, kamu bisa menanyakan hal ini pada mahasiswa di semester 6, orang yang bekerja sesuai di jurusan tersebut, dosen ataupun pada gurumu.

5. Mempertimbangkan prospek kerja

Adapun cara memilih jurusan kuliah yang tepat lainnya ialah dengan mempertimbangkan prospek kerjanya. Apa tujuan kariermu? Ingin menjadi orang seperti siapakah dirimu? Menjadi software engineer, digital marketer, atau desainer?

Jadi, kamu bisa menggali motivasi apa dengan jurusan kuliah yang kamu ambil nanti. Semua harus disesuaikan dengan prospek kerja ke depan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com