Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Pekerjaan Lulusan Jurusan IT, Gaji Bisa Rp 10 Juta Lebih

Kompas.com - 10/02/2023, 11:07 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu jurusan S1 yang punya gaji tinggi, adalah jurusan di bidang Information Technology (IT) yang bisa dipilih saat Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 maupun Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023.

Jurusan di bidang IT, contohnya Jurusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, dan masih banyak lagi yang bisa kamu pertimbangkan selama SNBP maupun SNBT 2023.

Perlu kamu tahu, kebutuhan lulusan IT saat ini cukup tinggi. Sebab, saat ini kemajuan teknologi digital hampir merambah di semua aktivitas manusia.

Karena itu banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan jurusan IT. Rata-rata gaji awal lulusan IT, biasanya antara Rp 3-10 juta per bulan. Bahkan bisa lebih jika kamu bekerja di perusahaan asing.

Baca juga: 10 Jurusan yang Bakal Booming di Masa Depan, Referensi SNBP-SNBT 2023

Dilansir dari laman Universitas Nusa Mandiri, ada 6 prospek kerja jurusan IT dengan gaji tinggi hingga Rp 10 juta yang bisa kamu pertimbangkan saat SNBP 2023 maupun SNBT 2023.

1. Programmer

Programmer merupakan salah satu prospek kerja jurusan IT yang mungkin sering kamu dengar.

Pekerjaan seorang programmer adalah mengubah atau mengelola program dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Rata-rata dengan karir menjadi seorang programer junior, standar gaji mulai dari 5 juta sampai 10 juta. Untuk menjadi seseorang yang profesional dalam bidang ini tentunya kamu harus banyak berlatih dan terus update dengan teknologi yang selalu berkembang.

2. Dosen

Melanjutkan studi hingga ke jurusan S2, S3 atau profesor akan sangat membantu kamu menjadi seseorang yang berpengaruh di dunia IT.

Tentunya kalian juga akan lebih dipercaya juga dalam bidang programmer dan tidak hanya itu tentunya kalian juga akan dipercaya untuk menjadi narasumber dalam berbagai forum. Gaji dosen saja, bisa antara Rp 7 hingga di atas 10 juta.

Selain dosen, kamu bisa menjadi seorang guru IT selepas lulus jenjang S1. Rata-rata gaji guru IT mulai setara UMR hingga di atas UMR.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

3. Pengembang Software

Pengembang software tugasnya merancang, mengembangkan dan mengetes software agar sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com