Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2023, 08:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjadi mahasiswa tentu akan melaksanakan program magang. Terlebih pada Kampus Merdeka juga ada program magang di perusahaan.

Saat magang, maka mahasiswa harus mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah sebelum benar-benar masuk di dunia industri.

Bagi mahasiswa yang ikut magang, maka bagaimana cara menjadi anak magang yang baik? Apakah perlu tips?

Melansir laman Alumni UGM, ini 5 cara menjadi anak magang yang baik. Info bagi mahasiswa yang ikut magang.

Baca juga: Ini Jadwal dan Syarat Daftar Beasiswa KSE bagi Mahasiswa Unair

Cara menjadi anak magang yang baik

1. Proaktif

Cara pertama ialah kamu harus proaktif. Jadi kamu bisa:

  • Mulailah aktif meminta agenda pekerjaan pada supervisor.
  • Jangan hanya menunggu perintah.
  • Selesaikan pekerjaan tepat waktu dan buat laporannya.
  • Mintalah masukan tentang pekerjaan kamu sebagai bahan evaluasi kinerja.

Sikap aktif akan menjadi nilai tambah atas dirimu. Sikap sikap yang seperti ini menunjukkan bahwa kamu memiliki etos kerja yang baik dan keseriusan dalam bekerja.

2. Beri kesan terbaik

Kesan pertama akan memberikan penilaian tersendiri mengenai sifat kamu. Coba datang tepat waktu, ramah, dan tampil percaya diri di depan karyawan lain.

Baca juga: 5 Syarat Daftar IISMA 2023, Mahasiswa Harus Paham

Jangan lupa untuk selalu berpakaian rapi dan pantas. Tentu kamu akan menciptakan kesan yang baik kepada atasan dan perusahaan saat awal pertemuan.

3. Harus bisa membuat inovasi dan kreasi

Rhenald Kasali, dalam bukunya yang berjudul ‘Let’s Change!’ mengatakan bahwa bekerja adalah proses berpikir. Bekerja haruslah membuat sesuatu yang kreatif dan inovatif.

Sama halnya ketika magang, menghasilkan sesuatu yang kreatif akan membuat kamu tampak bersinar dari peserta magang lain. Hal ini akan menjadi nilai plus di mata supervisor.

Terlebih lagi jika proses kerja kreatif kamu bisa menjadi ‘warisan’ yang akan terus dilanjutkan oleh perusahaan meskipun periode magang sudah berakhir.

4. Coba jalin koneksi dengan rekan kerja di kantor

Adapun cara menjadi anak magang yang baik berikutnya ialah bergabunglah dengan rekan kerja lainnya untuk sekadar makan siang atau pergi karaoke.

Pastikan kamu menyimpan nomor kontak rekan-rekan di kantor untuk tetap berkomunikasi sekalipun magang sudah selesai. Jejaring dan koneksi sangat penting dalam menentukan masa depan karier seseorang ke depan.

5. Harus memberi kesan positif hingga akhir magang

Saat kamu selesai menjalani periode magang dengan baik, berikan kesan perpisahan yang positif kepada perusahaan. Metodenya beragam.

Kamu bisa menulis ucapan terima kasih dalam tulisan tangan atau dengan memberikan kenang-kenangan dalam bentuk lain. Tunjukkan rasa terima kasih atas sikap baik dan penerimaan mereka terhadap kehadiranmu di kantor tersebut.

Baca juga: Kwarda Gerakan Pramuka Jabar Buka Seleksi Masuk IPB, Ini Syaratnya

Jadi, itulah cara menjadi anak magang yang baik cocok bagi mahasiswa. Harapannya kamu bisa menjalankan dengan lancar dan membawa kesan baik di perusahaan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com