Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Jaga Keseimbangan Kuliah Sambil Kerja bagi Mahasiswa

Kompas.com - 23/02/2023, 16:41 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa punya tugas untuk kuliah atau menyelesaikan kuliahnya tepat waktu. Hanya saja, ada mahasiswa yang ingin meningkatkan skill dengan bekerja.

Tujuan lain dengan kuliah sambil kerja ialah dapat penghasilan tambahan. Tapi, bagi mahasiswa itu tentu juga punya tantangan tersendiri.

Seperti keterbatasan waktu, kelelahan, dan sulitnya menjaga fokus. Oleh karena itu, menjaga keseimbangan antara kuliah dan pekerjaan menjadi hal yang sangat penting bagi mahasiswa yang bekerja.

Melansir laman Institut Teknologi Batam (Iteba), Selasa (21/2/2023), ada beberapa tantangan dan tips bagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja.

Baca juga: Alumnus UMM Ini Jadi Entrepreneur Sukses, Berawal Beri Lapangan Kerja Mahasiswa

Tantangan bagi mahasiswa kuliah sambil kerja

Adapun mahasiswa yang bekerja harus menghadapi beberapa tantangan, yakni:

1. Pertama, mereka harus dapat membagi waktu dengan baik antara kuliah dan pekerjaan. Hal ini seringkali sulit dilakukan, terutama jika mereka memiliki jadwal yang padat.

2. Kedua, mereka seringkali mengalami kelelahan akibat harus beraktivitas di kampus dan tempat kerja. Kondisi ini dapat berdampak pada performa akademik maupun profesional.

3. Terakhir, sulitnya menjaga fokus juga menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa yang bekerja. Mereka seringkali tergoda untuk menunda-nunda tugas kuliah karena harus fokus pada pekerjaan.

Tips jaga keseimbangan kuliah sambil kerja

1. Atur jadwal

Mahasiswa yang bekerja harus dapat mengatur antara jadwal kuliah dan pekerjaan dengan baik. Mereka perlu membuat daftar prioritas dan mengalokasikan waktu dengan bijak agar tidak terlalu lelah.

Baca juga: Mahasiswa Undip Inovasi Biodisel dari Minyak Jelantah, Raih Medali Perak di Thailand

2. Tentukan prioritas

Selain itu, mahasiswa yang bekerja harus memahami mana yang lebih penting antara kuliah dan pekerjaan. Mereka harus mengutamakan tugas-tugas kuliah, terutama jika tenggat waktu sudah semakin dekat.

3. Manfaatkan waktu luang

Mahasiswa yang bekerja dapat memanfaatkan waktu luang di antara kuliah dan pekerjaan untuk mengerjakan tugas kuliah atau beristirahat. Hal ini dapat membantu mengurangi kelelahan dan menjaga fokus.

4. Kerja sama dengan dosen atau teman

Mahasiswa yang bekerja dapat berdiskusi dengan dosen dan rekan-rekan sekelas untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi. Mereka juga dapat meminta bantuan teman atau dosen ketika kesulitan menyelesaikan tugas kuliah.

Baca juga: 7 Obat Alami Radang Tenggorokan, Bisa Dicoba Mahasiswa

Jadi, itulah tips menjaga keseimbangan antara kuliah dan bekerja bagi mahasiswa. Jika semua bisa berjalan baik, maka mahasiswa bisa meraih kesuksesan di dalam kehidupan kuliah maupun profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com