Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 5 Tips Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi

Kompas.com - 17/03/2023, 15:29 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjadi mahasiswa harus aktif dalam berbagai kegiatan. Tak hanya kuliah, tetapi juga harus ikut organisasi.

Tetapi, ada yang masih bingung dalam membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi. Maka dari itu kamu perlu tips membagi waktu.

Melansir laman Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (Instiki), ada beberapa tips yang bisa dicoba mahasiswa.

Jika kamu bisa membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi, maka kamu pasti menjadi mahasiswa yang berkualitas.

Baca juga: 4 Tips Hadapi Stres bagi Mahasiswa

Sebaliknya, tanpa kamu bisa membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi, bisa dipastikan jam kuliah kamu akan sedikit terganggu, dan kemungkinan kamu akan kelabakan dalam menghadapi keduanya.

Tips membagi waktu kuliah dan organisasi

1. Buat jadwal

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah membuat jadwal. Hal ini penting dilakukan untuk membuat dan merinci kegiatan yang dilakukan selama berkuliah.

Kamu bisa menyusun jadwal kegiatanmu di buku agenda, sticky note, maupun di kalender. Jika sudah terjadwal, maka semua bisa lancar.

2. Buat to-do-list

Jika kamu bingung membagi waktu untuk mengerjakan tugas kuliah maupun tugas berorganisasi, maka kamu perlu membuat to-do-list, ini penting dilakukan untuk mengingatkanmu apa saja yang bisa dikerjakan terlebih dahulu.

Dengan membuat to-do-list maka dipastikan jadwal kamu akan lebih teratur dan dapat terselesaikan dengan baik satu per satu, baik itu tugas kuliah maupun tugas organisasi.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Dicoba Mahasiswa

3. Tentukan skala prioritas

Adapun tips membagi waktu antara kuliah dan organisasi ialah menentukan skala prioritas. Kamu bisa menunda terlebih dahulu kegiatan yang tidak penting dan tidak mendesak.

Sebaliknya, kamu harus memprioritaskan kegiatan yang penting dan mendesak. Tapi, kamu harus memprioritaskan kuliah dulu daripada kegiatan organisasi. Karena tujuan kamu kuliah untuk mendapatkan ilmu.

4. Harus dikerjakan di awal

Jika kamu suka menunda-nunda pekerjaan, maka sekarang harus dihindari. Tentu agar tidak menumpuk dan justru membuat kamu pusing.

Maka dari itu, kamu harus segera mengerjakan tugas kuliah usai diberi tugas oleh dosen. Serta segera mengerjakan tugas organisasi usai rapat organisasi.

5. Disiplin

Kamu harus mematuhi jadwal dan to-do-list yang sudah kamu buat. Jika kamu terbiasa untuk menjadi displin, maka kamu juga akan bisa terbiasa untuk membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi.

Baca juga: Agar Produktif, Ini Aplikasi yang Wajib Dimiliki Mahasiswa

Intinya, jika kamu bisa membagi waktu antara kuliah dan organisasi, maka semua bisa berjalan dengan lancar dan beriringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com