Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Katalis dan Australia Awards in Indonesia Buka Beasiswa Studi Singkat untuk Pengusaha Toko Roti dan Kue

Kompas.com - 05/04/2023, 08:37 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - Katalis dan Australia Awards in Indonesia membuka beasiswa untuk studi singkat dua minggu. Beasiswa yang dibuka adalah untuk Program Kepemimpinan Rantai Nilai Komoditas Serealia.

Beasiswa tersebut ditujukan pada para pelaku industri pengolahan serealia di Indonesia, termasuk pengusaha kecil dan menengah pada segmen toko roti dan kue untuk mengembangkan kemitraan, memperluas jaringan bisnis, dan mengasah pengetahuan dalam rantai nilai masing-masing negara.

“Sebagai bagian dari dukungan kami kepada Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia dalam mengimplementasikan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia, Katalis bekerja untuk membangun keterkaitan bisnis Indonesia dan Australia,”ujar Direktur Katalis Paul Bartlett dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (5/4/2023).

Ia menilai, saat ini sebagai waktu yang tepat untuk memantapkan dan mengembangkan jaringan antara sektor serealia dan makanan di Indonesia dan Australia.

“Beasiswa yang kami berikan juga untuk mendorong kemampuan kepemimpinan demi kemakmuran industri dalam jangka panjang. Kami senang bekerja sama dengan Australia Awards in Indonesia untuk melangsungkan program ini,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Katalis dan Australia Awards in Indonesia didanai oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Pemerintah Australia.

Program beasiswa Australia, yang kini dikenal sebagai Australia Awards tersebut merupakan program beasiswa pemerintah asing terlama di Indonesia. Tahun ini, program tersebut memasuki usia ke-70.

Beasiswa untuk pengusaha kecil dan menengah

Program Kepemimpinan Rantai Nilai Komoditas Serealia diharapkan membawa dampak positif terhadap pengusaha kecil dan menengah serta perempuan yang bekerja dalam segmen toko roti artisan dan butik yang menyediakan produk roti dan kue inovatif kepada konsumen Indonesia.

Bertempat di Australia pada Juli 2023, beasiswa studi singkat untuk Program Kepemimpinan Rantai Nilai Komoditas Serealia itu akan melatih 25 peserta dari Indonesia dengan latar belakang baik pemilik, direktur, maupun manager level senior dan menengah yang mewakili berbagai area, seperti ritel, layanan makanan, nutrisi, inovasi makanan, dan teknologi.

“Sebagai bagian dari program, para peserta juga akan berkesempatan menghadiri acara networking dan bertemu dengan pelaku usaha dari berbagai area rantai pasok industri serealia di Australia,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebelum dan sesudah studi selama dua minggu di Australia, para peserta studi singkat juga diwajibkan mengikuti lokakarya di Indonesia.

Adapun formulir pendafataran dapat diakses melalui laman pada situs Australia Awards in Indonesia berikut

Pendaftaran akan ditutup pada Minggu (30/4/2023). Pihak Katalis menyebut, perempuan kelompok rentan dan penyandang disabilitas dianjurkan untuk mendaftar program tersebut. Sebab, program memang menekankan kesetaraan representasi peserta laki-laki dan perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com