Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Jurusan Teknik? Intip 5 Karier Menjanjikan Setelah Lulus

Kompas.com - 17/05/2023, 13:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Jurusan Teknik menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak diincar calon karena menawarkan prospek karier yang menjanjikan setelah lulus.

Di Amerika Serikat misalnya, melansir dari laman www.ziprecruiter.com bidang teknik menjadi salah satu pekerjaan dengan bayaran tertinggi di tahun 2022.

Pasalnya, universitas kini mulai mengimbangi mahasiswa jurusan teknik dengan kebutuhan dunia industri.

Baca juga: 25 Pekerjaan Bergaji Tinggi bagi Lulusan Jurusan Teknik

Bila kamu tertarik memilih jurusan teknik, terdapat 5 karier menjanjikan untuk mahasiswa jurusan teknik yang bisa kamu pilih, baik lulusan Teknik Informatika, Teknik Fisika, Teknik Geologi maupun ragam fakultas teknik lainnya, melansir DQLab Universitas Multimedia Nusantara:

1. Product Analyst

Jika kamu gemar dengan hal-hal yang sifatnya analisis, profesi ini bisa menjadi salah satu pilihanmu saat lulus jurusan teknik nantinya.

Tidak hanya analisis saja, tugas seorang Product Analyst di industri lainnya yaitu dapat menginterpretasikan data yang sudah didapat, yang dimana data akan berdampak pada efisiensi dan ketepatan strategi di industri bisnis.

Perusahaan di industri secara spesifik akan mencari lulusan sarjana Teknik untuk dapat membantu melakukan riset, mengumpulkan data, dan menganalisa data pelanggan.

Adapun beberapa bekal skill sebagai product analyst yaitu ilmu teknik, ilmu bisnis, SQL, teknik Data Analytics, dan statistika.

Baca juga: Pertamina Buka Beasiswa S2 Petroleum Technology, Jurusan Bergaji Tinggi

2. Data Scientist

Memiliki ilmu matematika dan statistika merupakan pondasi ilmu yang wajib dimiliki oleh seorang Data Scientist di industri.

Kedua bidang ilmu tersebut digunakan oleh Data Scientist untuk melakukan mengolah data, menganalisis data, dan memberikan sebuah solusi yang tepat dari masalah bisnis menggunakan algoritma.

Secara real case di industri, dibutuhkan beberapa penguasaan tools untuk menjadi Data Scientist yaitu mahir bahasa pemrograman seperti Python, SQL, Java, R, ataupun dashboard tools.

Komunikasi, kerjasama tim dan critical thinking juga skill non-teknis dimiliki oleh Data Scientist.

Baca juga: 14 Beasiswa S2 dan S3 ke Luar Negeri Tanpa Batas Usia

3. Demand Planner

Karier sebagai lulusan teknik yang cukup populer lainnya adalah Demand Planner. Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab yang sangat krusial di industri.

Sehingga, untuk menjadi Demand Planner wajib memiliki ilmu matematika dan statistika yang kuat, serta kemampuan manajemen inventory yang baik.

Profesi ini sangat penting dalam perusahaan supply chain, karena sebagai Demand Planner akan memastikan operasional perusahaan efisien dan efektif baik dari segi waktu maupun biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com