Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ners Unair: Seperti Ini 4 Stadium Katarak dan Cara Pencegahannya

Kompas.com - 24/06/2023, 13:41 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Ners Unair

KOMPAS.com - Salah satu penyakit mata yang banyak diderita masyarakat ialah katarak. Apalagi katarak banyak dialami oleh para lansia.

Adapun katarak sendiri merupakan keadaan di mana terjadi kekeruhan pada serabut atau bahan lensa di dalam kapsul lensa mata.

Selain itu, katarak merupakan penyakit degeneratif yang dipengaruhi oleh faktor intrinsic dan ekstrinsik.

Faktor intrinsik yang berpengaruh antara lain adalah umur, jenis kelamin dan faktor genetik.

Baca juga: 8 Jenis Makanan Penambah Darah, Info Ners Unair

Sedangkan faktor ekstrinsik yang berpengaruh antara lain adalah pendidikan dan pekerjaan yang berdampak langsung pada status sosial ekonomi dan status kesehatan seseorang serta faktor lingkungan, dalam hubungannya dengan paparan sinar ultraviolet.

Klasifikasi katarak

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), secara umum katarak dapat di klasifikasikan menjadi 4 stadium, yakni:

1. Katarak Insipien

Ini merupakan stadium satu (awal), di mana kekeruhan lensa mata masih sangat minim, bahkan terkadang sulit terlihat tanpa menggunakan alat bantu periksa.

Pada tahap ini seringkali penderitanya tidak merasakan keluhan atau gangguan pada penglihatannya, sehingga cenderung diabaikan.

Akan tetapi, kekeruhan mulai dari tepi ekuator berbentuk jeruji menuju korteks anterior dan posterior.

Baca juga: 10 Tips Hidup Sehat dari Ners Unair

2. Katarak Immatur

Sedang katarak stadium dua yang ditandai dengan kekeruhan lensa mata yang lebih tebal tetapi belum mengenai seluruh lensa sehingga masih terdapat bagian-bagian yang jernih pada lensa.

Pada stadium ini terjadi hidrasi kortek yang mengakibatkan lensa menjadi bertambah cembung.

Pencembungan lensa akan memberikan perubahan indeks refraksi dimana mata akan menjadi mioptik. Kecembungan ini akan mengakibatkan pendorongan iris ke depan sehingga bilik mata depan akan lebih sempit.

3. Katarak Matur

Sementara untuk katarak stadium tiga (tahap lanjut), di mana kekeruhan telah mengenai seluruh massa lensa. Kekeruhan ini terjadi akibat deposit ion Ca yang menyeluruh.

Jila dibiarkan saja akan menjadi katarak dengan kandungan air berlebih, yang dapat memblok pupil dan menyebabkan tekanan pada bola mata meningkat.

4. Katarak Hipermatur

Untuk katarak hipermatur merupakan stadium empat (tahap sangat lanjut). Di mana kekeruhan telah mengenai seluruh massa lensa dan telah mengalami proses degenerasi lanjut, dapat menjadi lembek dan mencair.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com