Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Prestasi Siswa, Kemendikbud Kembangkan SIMT dan Aplikasi Kurasi

Kompas.com - 26/06/2023, 19:00 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam upaya mendukung Manajemen Talenta Nasional (MTN), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) saat ini tengah mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT) dan Aplikasi Kurasi.

SIMT merupakan pangkalan data talenta nasional berisi informasi prestasi peserta didik yang bersumber dari ajang-ajang yang diselenggarakan oleh Puspresnas dan hasil kurasi.

Sedangkan Aplikasi Kurasi merupakan aplikasi yang berfungsi mengidentifikasi, menilai dan memberikan pengakuan resmi bagi ajang talenta maupun peserta didik berprestasi, yang diselenggarakan di luar ajang dari Kemendikbudristek.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti menyampaikan SIMT dan Aplikasi Kurasi sangat bermanfaat untuk mendukung MTN khususnya dalam menemukan, mengenali, dan mengapresiasi talenta peserta didik di Indonesia.

Baca juga: Kemenag Akan Cabut Izin Ponpes Al-Zaytun jika Ada Pelanggaran Berat

“Dengan hadirnya SIMT dan Aplikasi Kurasi, kita memiliki alat yang kuat untuk memudahkan akses dan penyebarluasan informasi seputar talenta dan prestasi peserta didik di seluruh Indonesia,” tutur Suharti dalam keterangan resminya yang dilansir melalui laman resmi Kemendikbudristek, Jumat (23/6/2023).

Menurut Suharti, SIMT dan Aplikasi Kurasi sangat penting untuk diketahui seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) di bidang pendidikan.

“Kami berharap kepada satuan pendidikan dan dinas pendidikan bisa mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang diperoleh melalui sosialisasi ini. Semua dapat menjadi agen perubahan dalam pemanfaatan SIMT dan Aplikasi Kurasi di daerahnya masing-masing,” kata Suharti.

Kepada peserta sosialisasi, Suharti mengajak untuk mendukung talenta emas Indonesia melalui SIMT dan Aplikasi Kurasi.

Baca juga: Jalur Mandiri S1 Undip Diperpanjang sampai 25 Juni, Cek Cara Daftar

“Mari kita bersama-sama mendukung dan mendorong pengembangan potensi peserta didik melalui ajang talenta, sehingga Indonesia dapat melahirkan generasi yang berprestasi dan berdaya saing tinggi di tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Hendarman mengatakan lewat sosialisasi ini satuan pendidikan dan dinas pendidikan diharapkan dapat memahami SIMT dan Aplikasi Kurasi sehingga dapat berkontribusi untuk mengawasi pengembangan prestasi peserta didik di daerahnya.

“Untuk satuan pendidikan dan dinas pendidikan di daerah mari bersama-sama bergerak untuk mengontrol ajang-ajang yang ada di daerahnya masing-masing. Dengan mengetahui pentingnya peran kurasi maka satuan pendidikan bisa terlibat langsung dan melakukan fungsi kontrol pada ajang yang diselenggarakan sehingga tidak merugikan publik khususnya peserta didik,” jelas Hendarman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com