Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2023, 12:14 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UAD

KOMPAS.com - Jadi mahasiswa tentu harus siap mengikuti perubahan. Apalagi di era yang serba canggih dan terus berkembang.

Bahkan banyak peluang usaha yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk menghasilkan uang secara mandiri.

Salah satunya bagi mahasiswa yang ingin mendalami dunia kerja sebelum lulus kuliah dan menghasilkan uang tambahan secara mandiri yaitu jadi freelancer.

Freelance atau bekerja paruh waktu adalah tenaga kerja lepas atau pekerjaan tanpa hubungan kontrak jangka panjang.

Baca juga: Kuliah Sambil Hasilkan Cuan? Ini Referensi Jadi Freelancer

Dengan begitu, kita tidak akan lagi terikat pada pekerjaan yang kaku atau kesibukan akademik saja, tetapi bisa lebih mengeksplorasi dan mengendalikan karier dengan mengambil jalur yang lebih independen.

Dalam konteks pekerjaan, freelance telah mengubah paradigma pekerjaan membuka peluang bagi mahasiswa yang ingin menjalani kehidupan lebih mandiri.

Alasan mahasiswa jadi freelancer

Melansir laman Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Kamis (29/6/2023), ini alasan kenapa mahasiswa pilih menjadi freelancer.

1. Fleksibilitas

Selama kuliah, mahasiswa tentu memiliki jadwal yang cukup padat, mengerjakan tugas atau sibuk dengan kegiatan ekstrakurikuler. Bagi freelancer, mereka memiliki kendali penuh atas jam kerja.

Mereka dapat menyesuaikan jadwal kerja dengan kebutuhan yang memungkinkan mahasiswa untuk menyeimbangkan belajar dan bekerja serta mengatur waktu lebih efektif.

Fleksibilitas ini, memungkinkan untuk mengatasi tantangan jadwal yang rumit dan tetap mengutamakan tugas-tugas akademik.

Baca juga: Mahasiswa UGM Inovasi Gula Cair Rendah Kalori

2. Punya peluang bisa kembangkan keterampilan

Tentu, bekerja freelance menawarkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dari bidang pekerjaan yang diambil.

Hal ini memungkinkan untuk meningkatkan keterampilan praktis seperti menulis, desain grafis, pemasaran digital, atau pengembangan web.

Pengalaman praktis yang diperoleh dari proyek-proyek ini memungkinkan mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan, memperluas pengetahuan dan membangun portofolio yang lebih baik untuk menunjang karier di masa depan.

3. Bisa mandiri

Adapun mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar secara mandiri dan mendapatkan pengalaman berharga. Mahasiswa berinteraksi langsung dengan klien, belajar berkomunikasi secara efektif, manajemen waktu, dan menghadapi potensi tantangan.

Semua ini membantu mereka tumbuh dan berkembang menjadi kepribadian yang lebih kuat dan percaya diri.

Selain itu, pengalaman ini tidak hanya memperkaya portofolio, tetapi juga memberi pemahaman yang lebih tentang industri dan lingkungan kerja.

4. Penghasilan

Alasan lainnya ialah karena bekerja freelance bisa menambah penghasilan. Dengan begitu, mahasiswa bisa mengelola keuangan dengan baik serta belajar bertanggung jawab atas pendapatan mereka.

Baca juga: 10 Cara Membuat Lamaran Kerja via Email yang Benar

5. Peluang karier

Tidak hanya itu, sebagai freelancer, mahasiswa memiliki kesempatan tak terbatas untuk membangun karier mereka dengan memperluas jaringan kontak dengan klien, kolega, dan profesional lain di bidangnya masing-masing.

Jadi itulah beberapa alasan mahasiswa jadi freelancer pada masa kini. Tentu semua harus disesuaikan dengan jadwal kuliah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com