Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Insinyur Indonesia dan Australia Tanda Tangani Mutual Recognition Agreement

Kompas.com - 03/07/2023, 16:17 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan Engineering Australia menandatangani Mutual Recognition Agreement (MRA) di Canberra, Jumat (30/6/2023).

Dengan kemitraan tersebut, proses penilaian standar profesional insinyur pada keuda Negara akan disesuaikan. Sertifikasi yang didapatkan pun dapat mendatangkan peluang besar bagi para insinyur.

Ke depan, insinyur asal Indonesia punya kesempatan besar bekerja di Australia. Begitu juga sebaliknya.

Adapun acara penandatanganan tersebut, PII diwakili oleh Ketua Umum Danis Hidayat Sumadilaga, sementara Engineering Australia diwakili General Manager, Professional Standards, Engineers Australia Bernadette Foley. Penandatanganan turut disaksikan Duta Besar RI untuk Australia HE Dr Siswo Pramono.

Turut hadir pula dalam acara itu, Director, Professional Services and Mutual Recognition Unit DFAT Arjuna Nadaraja dan Director, Indonesia Economic and Trade Section DFAT Jonathan Gilbert, serta Lead Adviser bidang Market Access Katalis Moekti P Soejachmoen.

Sejak 2022

Proses penyusunan MRA dimulai pada Juli 2022 dengan dukungan Katalis. Selain menandatangani MRA dengan Engineers Australia, Danis Hidayat Sumadilaga juga berkesempatan melantik PII Chapter Australia.

“Di sinilah kami sekarang. PII sangat senang. Ini artinya, penantian kami menghasilkan sesuatu yang luar biasa, yakni penandatanganan MRA,” kata Danis dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (3/7/2023).

Sebagai informasi, kesepakatan yang memfasilitasi pertukaran keterampilan di antara para insinyur profesional kedua negara itu tercatat dalam Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) dan difasilitasi oleh Program Kerjasama Ekonomi IA-CEPA Katalis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com