Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tanaman Herbal Penurun Kolesterol, Info Ditjen Vokasi

Kompas.com - 04/07/2023, 08:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Masyarakat harus bisa menjaga kesehatan diri. Jangan sampai mengalami masalah kesehatan seperti kolesterol.

Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk mengelola kolesterol agar tetap stabil. Lantas, bagaimana caranya?

Salah satunya tentu harus menjaga pola makan dan hidup sehat. Apalagi diimbangi dengan olahraga rutin.

Namun jika kolesterol tinggi, maka harus diturunkan kadar kolesterolnya. Caranya dengan mengonsumsi beberapa tanaman herbal penurun kolesterol.

Baca juga: 3 Manfaat Bambu Spa bagi Kesehatan, Info Ditjen Vokasi

Melansir laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Senin (3/7/2023), Gun Gun Gunansah sebagai pemimpin LKP Goen Goen Refleksi, Pontianak, Kalimantan Barat yang telah berkecimpung di dunia pengobatan tradisional memberikan beberapa tips menurunkan kolesterol jahat.

Tanaman herbal penurun kolesterol

1. Air kelapa muda

Tentu, air kelapa muda adalah minuman yang rendah lemak jenuh yang diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

Dengan menggantikan minuman tinggi lemak jenuh dengan air kelapa muda, kamu dapat membantu mengurangi asupan lemak jenuh dan mempengaruhi penurunan kolesterol.

Menurut Gun Gun, waktu terbaik meminum air kelapa muda adalah paling lama 15 menit setelah kelapa dikupas. Kamu juga bisa menambahkan madu untuk memperkaya rasa.

Baca juga: Ini Sayuran Penurun Kolesterol, Info Ners Unair

2. Jahe

Sedang tanaman herbal penurun kolesterol berikutnya ialah jahe. Kamu bisa merebus jahe dan airnya bisa diminum secara rutin di pagi dan malam hari.

Adapun jahe diketahui memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi, yang dapat membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan dan peradangan yang terkait dengan peningkatan kadar kolesterol LDL.

3. Daun afrika

Berikutnya ialah daun afrika yang juga dikenal sebagai daun Vernonia Amygdalina atau bitter leaf.

Ternyata daun ini telah digunakan secara tradisional untuk pengobatan berbagai kondisi kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol.

Selain itu, daun afrika mengandung senyawa-senyawa bioaktif, seperti polifenol, flavonoid, dan saponin.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

Untuk cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu merebus 5 lembar daun afrika. Setelah mendidih, minumlah airnya saat pagi dan sore hari.

Baca juga: 5 Tips Mengolah Daging Kambing agar Rendah Kolesterol

Meski demikian, semua itu tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Tetapi, beberapa tanaman herbal penurun kolesterol tersebut bisa dicoba agar kadar kolesterolnya turun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com