Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Ospek Maba? Cek Penjelasan dan Manfaatnya

Kompas.com - 08/07/2023, 19:57 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masa orientasi atau biasa disebut ospek bagi mahasiswa baru (maba) adalah sebuah tahapan sebelum resmi mengikuti perkuliahan.

Ospek maba kini di setiap kampus disebut dengan istilah berbeda-beda. Misalnya di Universitas Gadjah Mada (UGM), masa pengenalan kampus disebut dengan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB).

Lantas apa sebenarnya ospek maba itu? Selain itu, apa tujuan dari dilaksanakan ospek bagi maba?

Melansir laman Universitas Pelita Harapan (UPH), Sabtu (8/7/2023) ospek adalah singkatan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus.

Baca juga: Cara Daftar Beasiswa Cendekia Baznas 2023, Ada Uang Saku Rp 5 Juta

Penjelasan dan manfaat ospek kuliah

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada para mahasiswa baru.

Ospek mahasiswa baru juga menjadi salah satu cara untuk mengenal dosen-dosen yang akan mengajar dan saling berkenalan dengan mahasiswa satu angkatan.

Di masa orientasi, para mahasiswa baru juga akan diberikan pemahaman tentang visi misi universitas, nilai-nilai yang ditanamkan, program bimbingan, dan gambaran perkuliahan.

Semua aktivitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menjalani hari-harinya di jurusan masing-masing.

Tentunya, ospek mahasiswa memiliki manfaat bagi mahasiswa baru. Berikut manfaat ospek yang bisa dirasakan mahasiswa baru:

1. Mengenal orang-orang baru

Selama mengikuti masa ospek, mahasiswa baru akan bertemu dengan teman-teman satu angkatan dari jurusan sama maupun jurusan berbeda. Dengan menambah teman tentunya menambah relasi yang akan sangat membantu kamu selama mengikuti perkuliahan.

Mengenal dan menjalin relasi dengan banyak orang akan memudahkan mahasiswa yang masih bingung dalam menghadapi permasalahan di perkuliahan.

Baca juga: Beasiswa Paragon bagi D4/S1, Ada Uang Saku Rp 6 Juta Per Semester

2. Mengenal sistem perkuliahan

Setelah menjadi mahasiswa, tentu sistem pembelajarannya pun berbeda dengan masa sekolah. Sehingga saat mengikuti ospek maba, kamu bisa tahu apa itu Satuan Kredit Semester (SKS), penghitungan penilaian, hingga cara mengajar dosen yang berbeda-beda.

3. Mengenal lingkungan dan kondisi kampus

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com