Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRIN Buka Kesempatan Magang bagi Mahasiswa Unpad, Cek Syaratnya

Kompas.com - 15/07/2023, 21:29 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) kini memiliki kesempatan untuk magang di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Program magang ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis dalam bidang riset dan inovasi.

Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam mengatakan, melalui program magang ini, para mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk belajar langsung dari para ahli di bidangnya.

Selain itu terlibat dalam proyek-proyek riset yang relevan, serta memperluas jaringan profesional mereka.

"Kegiatan magang BRIN dan pengalaman ini nantinya akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan akademik dan karier mahasiswa ke depan," terang Boy seperti dikutip dari laman Unpad, Sabtu (15/7/2023).

Baca juga: 7 Universitas Swasta di Solo dan Akreditasinya, Ada Kampusmu?

2 skema kegiatan magang dari BRIN

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Karier Unpad Dr. Rosaria Mita Amalia menerangkan, partisipasi mahasiswa dalam kegiatan magang BRIN sangat bermanfaat dan dapat memperluas jaringan profesional mereka, meningkatkan kompetensi akademik, serta mendapatkan pengalaman berharga di dunia kerja.

Ketua Program MBKM BRIN Nurdin Syidik menjelaskan, selama mengikuti kegiatan magang, mahasiswa akan bekerja sama dengan tim ahli di BRIN Unpad dalam proyek-proyek riset yang sedang berlangsung.

Nurdin menerangkan, terdapat 2 skema kegiatan magang yang dapat diikuti, yaitu magang praktek kerja dan magang riset.

Nurdin menambahkan, magang praktik kerja memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar tentang proses, manajemen proyek, serta interaksi dengan tim professional.

Mahasiswa akan terlibat dalam tugas-tugas sehari-hari seperti mengumpulkan data, menganalisis informasi, serta menyusun laporan proyek, hal ini akan membantu mahasiswa memahami bagaimana teori yang dipelajari di kampus dapat diterapkan dalam praktik.

Baca juga: Beasiswa Paragon bagi D4/S1, Ada Uang Saku Rp 6 Juta Per Semester

Sementara itu, magang riset memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat langsung dalam proyek-proyek penelitian dan memberi kesempatan untuk terlibat langsung dengan tim peneliti, mengikuti kegiatan-kegiatan khusus sesuai penempatan unit kerja dan mempelajari tentang metodologi penelitian, pengumpulan data, analisis statistik, serta penyusunan laporan hasil penelitian.

"Mahasiswa juga akan ikut serta dalam kegiatan diskusi dan seminar yang diselenggarakan oleh BRIN dan berbagi pengalaman dengan para ahli dan praktisi di bidangnya," papar Nurdin.

Selain itu, mahasiswa juga dapat melihat langsung proses kerja ilmiah yang dilakukan oleh para peneliti. Sehingga memberikan pemahaman lebih terkait riset secara lebih mendalam.

Untuk mengikuti kegiatan Magang Badan Riset dan Inovasi Nasional Pertama, calon peserta magang merupakan mahasiswa aktif Universitas Padjadjaran (Unpad) yang sedang menempuh minimal semester 5.

Setelah itu, mahasiswa diminta untuk membuat akun SSO BRIN untuk aktivasi dan memilih layanan sesuai topik yang tersedia.

Calon peserta magang diharap memastikan dokumen dan biodata diri karena akan berpengaruh pada topik, bobot konversi SKS dan lokasi penempatan

Selanjutnya, calon peserta juga harus melampirkan surat rekomendasi yang ditandatangani oleh seminim-minimnya Ketua Program Studi dan ditujukan kepada pihak BRIN.

Baca juga: Biaya Kuliah IPB Jalur Mandiri 2023, Cek Uang Pangkal dan UKT

Berkas lainnya yang perlu dilampirkan adalah transkip nilai dari semester 1 sampai dengan saat ini, serta dokumen pendukung seperti biodata diri dan sertifikat yang bersifat opsional guna gambaran singkat tentang profil dan pengalaman akademik maupun non-akademik calon peserta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com