Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup Mind Id PT Antam Gelar Beasiswa bagi Mahasiswa Halmahera Timur

Kompas.com - 17/07/2023, 20:49 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com- Grup Mining Industry Indonesia (Mind Id) PT Aneka Tambang (Antam) Tbk menggelar program beasiswa pendidikan itu yang menjadi bagian program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

"Melalui Program Pengembangan Masyarakat Berkelanjutan (PPMB), Antam terus berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat sejahtera dan mandiri," kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf.

Salah satu program beasiswa pendidikan yang diberikan Antam berlokasi di Kecamatan Maba dan Kota Maba, Kabupaten Halmahera Timur yang merupakan wilayah Unit Bisnis Pertambangan Nikel Maluku Utara, milik Antam.

Menurut Heri, program beasiswa tersebut bertujuan memberikan kemudahan masyarakat di wilayah operasi perusahaan dalam mengakses pendidikan tinggi.

"Harapannya, generasi penerus di wilayah operasi perusahaan Antam memiliki kualitas SDM yang lebih tangguh dalam menghadapi setiap dinamika sosial, ekonomi, dan teknologi," jelasnya melalui rilis resmi (17/7/2023).

Lebih jauh, lanjut Heri, pendidikan tinggi memberikan peran cukup signifikan bagi kesejahteraan kehidupan masyarakat seperti meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang berimbas pada meningkatnya peluang kesempatan kerja ataupun pengembangan usaha.

Selain itu, melalui pendidikan tinggi pun akan menaikan keterampilan interpersonal, membuka jaringan, dan meningkatkan kesadaran sosial dan lingkungan sehingga akan mampu menciptakan kondisi ideal untuk pembangunan berkelanjutan.

Sebagai informasi, PPMB Antam sendiri sudah diinisiasi sejak 2011. Program beasiswa tersebut bermitra dengan pemerintah daerah dan pemerintah desa. Hingga 2022, sudah ada 2.502 penerima manfaat beasiswa meliputi penerima bantuan awal dan atau akhir studi D3-S1.

Capaian program beasiswa pendidikan PT Antam di antaranya, mampu meningkatkan jumlah penerima beasiswa setiap tahunnya, meningkatkan capaian Indeks Prestasi Semester bagi mahasiswa, dan mahasiswa yang sudah lulus berkesempatan mendapat pekerjaan layak baik di lingkungan pemerintah maupun swasta.

Baca juga: Cerita Yoriko Angeline Selalu Dapat Beasiswa Sejak SD hingga Kuliah di AS

"Ke depan, Antam akan terus melakukan program Beasiswa Pendidikan secara berkelanjutan untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan tinggi, khususnya bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi Perusahaan agar tumbuh menjadi masyarakat yang tangguh dan mandiri," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com