Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 11 Jurusan SMK yang Mudah Dapat Kerja

Kompas.com - 20/07/2023, 14:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

Sumber Aku Pintar

KOMPAS.com - Siswa yang memilih melanjutkan sekolah di jenjang SMK tentu ingin bisa langsung bekerja setelah lulus.

Berbeda dengan jenjang Sekolah Menengah Atas atau SMA, ada banyak jurusan SMK yang bisa kamu pilih.

Bahkan beberapa jurusan SMK diyakini sangat mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus karena keterampilan yang mereka miliki.

Bisa langsung bekerja setelah lulus SMK ini juga jadi salah satu alasan siswa memilih melanjutkan pendidikan di SMK.

Baca juga: 11 Universitas Swasta Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia

11 jurusan SMK yang mudah dapat kerja

Melansir laman Aku Pintar, Kamis (20/7/2023) ada jurusan SMK yang mudah dapat kerja. Mau tahu apa saja jurusannya? Simak informasinya berikut ini:

1. Administrasi Perkantoran

Jurusan SMK yang satu ini membuat siswanya belajar hal-hal administratif yang terkait dengan pengarsipan dokumen dan surat-menyurat, bahkan etika dan tata cara kerja juga termasuk didalamnya.

2. Akuntansi

Jurusan SMK Akuntansi diyakini bisa membuatmu punya gaji cukup besar. Prospek kerjanya juga cukup menjanjikan karena setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang tenaga Akuntan.

Laporan keuangan yang dihasilkan Akuntan diperlukan untuk mengevaluasi kinerja dan menentukan strategi perusahaan berikutnya.

3. Pemasaran

Di jurusan SMK Pemasaran, kamu belajar tentang kewirausahaan, strategi pasar, termasuk juga membaca peluang didunia bisnis. Pastinya, lulus dari jurusan SMK Pemasaran, kamu akan jadi tenaga marketing yang handal.

4. Animasi

Saat ini perkembangan animasi di Indonesia makin pesat. Sehingga jurusan SMK Animasi juga bisa jadi pilihan agar setelah lulus bisa segera bekerja.

Siswa jurusan SMK Animasi, akan belajar tentang cara membuat animasi dari yang basic sampai menggunakan peralatan canggih.

Pelajar SMK di jurusan ini biasanya akan melalui masa kerja praktik sebagai Animator di beberapa tempat. Seorang Animator yang handal akan dapat menyampaikan ide dan pesan melalui animasi yang menarik.

5. Tata Busana

Bagi yang suka mendesain baju, jurusan SMK Tata Busana bisa kamu pilih. Keahlian yang kamu peroleh selama belajar di SMK Tata Busana membuatmu mudah dapat kerja atau bahkan merintis usahamu sendiri.

Jurusan SMSK Tata Busana membuatmu belajar tentang merancang produk, memasarkan, melihat tren, hingga menciptakan tren fashion.

Kamu juga berkenalan dengan teknologi dalam menciptakan karya fashion. Sehingga siswa jurusan SMK Tata Busana tidak hanya sekadar menggambar, menggunting pola pakaian, maupun memilih bahan saja tapi juga bisa belajar banyak hal di bidang fashion.

Baca juga: Cek Besaran Uang Pangkal di 8 PTN Ini, Ada IPB hingga USU

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com