Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Akreditasi

Kompas.com - 16/08/2023, 08:56 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebelum mencari tempat kuliah, calon mahasiswa tentu harus paham apakah kampus yang dituju sudah terakreditasi, bahkan kalau bisa terakreditasi unggul.

Tak hanya di kampus, sekolah juga harus yang sudah terakreditasi, serta banyak sektor lain juga menggunakan parameter akreditasi untuk menunjukkan kualitasnya.

Sebenarnya apa itu akreditasi? Bagi siswa atau mahasiswa tentu harus paham. Ini penjelasannya yang dilansir dari laman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Baca juga: Di USK, UKTB Mahasiswa Baru Turun hingga 31 Persen

Pengertian akreditasi

Akreditasi adalah proses penilaian dan pengakuan resmi yang dilakukan oleh lembaga penguji independen terhadap suatu institusi, program, atau layanan, dengan tujuan untuk menilai dan memastikan bahwa institusi atau program tersebut memenuhi standar tertentu yang telah ditetapkan.

Proses akreditasi bertujuan untuk menilai kualitas, keunggulan, dan kepatuhan suatu lembaga atau program terhadap standar yang telah ditentukan.

Untuk proses akreditasi umumnya dilakukan oleh badan akreditasi yang independen dan diakui.

Badan akreditasi ini biasanya beroperasi di berbagai sektor, seperti pendidikan (sekolah, perguruan tinggi), kesehatan (rumah sakit), industri (laboratorium, pabrik), dan sektor lainnya.

Badan akreditasi memiliki kriteria dan standar yang harus dipenuhi oleh lembaga atau program yang sedang diaudit.

Tujuan dan manfaat akreditasi

1. Dapat menjamin kualitas

Adapun proses akreditasi bertujuan untuk memastikan bahwa lembaga atau program memiliki kualitas yang memadai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Tentunya ini memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa layanan yang diberikan oleh lembaga tersebut memenuhi standar yang diterima.

Baca juga: Siswa, Ini 7 Manfaat Minum Air Putih bagi Tubuh

2. Dapat meningkatkan kinerja

Sedangkan melalui proses akreditasi, lembaga atau program diharapkan untuk melakukan evaluasi internal dan perbaikan berkelanjutan guna meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja mereka.

3. Dapat memberikan kepercayaan

Akreditasi memberikan legitimasi dan kepercayaan dari pihak luar terhadap lembaga atau program yang telah memenuhi standar tertentu.

Hal ini dapat membantu dalam hal rekrutmen siswa/mahasiswa, kepercayaan masyarakat, dan hubungan dengan pihak lain.

4. Bisa menjamin kesetaraan

Selain itu, proses akreditasi memastikan bahwa semua lembaga atau program di bidang yang sama diperlakukan secara adil dan obyektif karena semua harus memenuhi standar yang sama.

Jika akreditasi untuk lingkup pendidikan maka diharapkan lembaga pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan, mendapatkan pengakuan yang formal, meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan terus melakukan perbaikan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan.

Tak hanya itu, akreditasi juga dapat menjadi acuan dan pertimbangan bagi siswa dalam memilih lembaga pendidikan yang berkualitas dan memenuhi standar mutu.

Baca juga: 2 Prodi FKIP USD Ini Raih Akreditasi Unggul dari Lamdik

Hasil akreditasi sekolah juga dapat digunakan sebagai pemetaan terhadap mutu pendidikan dan bahan pertimbangan untuk penyusunan kebijakan tentang peningkatan mutu pada pendidikan nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com