Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Lulus Wawancara Kerja, Info Webinar Unair

Kompas.com - 25/08/2023, 13:14 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unair

KOMPAS.com - Bagi para fresh graduate (lulusan baru) tentu masih ada yang belum paham seluk beluk melamar pekerjaan di suatu lowongan kerja.

Apalagi jika nanti mengharuskan pelamar ikut sesi wawancara kerja. Maka, pelamar harus siap dengan segala pertanyaan dari HRD atau user (pewawancara).

Jika kamu belum paham, maka harus tahu tips lulus wawancara kerja. Informasi dilansir dari laman Universitas Airlangga (Unair), Jumat (25/8/2023).

Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Unair menggelar webinar bertajuk "Hacks to Win Interview".

Baca juga: Saat Wawancara Kerja Ceritakan tentang Diri Anda, Ini Cara Jawabnya

Adapun narasumbernya ialah Adinda Putri Tiffani selaku TA Assistant dari DKSH Indonesia. Ia mengatakan, ada beberapa karakter yang HRD sukai pada calon pencari kerja.

Pelamar yang disukai HRD

Menurutnya, pewawancara suka dengan kandidat yang tepat waktu. Hal ini penting karena bisa menunjukkan kedisiplinan seorang calon karyawan.

"Walaupun kalian mungkin nanti tidak bisa hadir sebelum waktu interview-nya atau mungkin akan sedikit terlambat, penting banget untuk tidak ghosting atau tidak ada informasi di awal kepada rekruiternya," ujarnya.

Atau jika tidak bisa datang sesuai dengan kesepakatan waktu, maka kandidat perlu untuk mengomunikasikan keterlambatannya.

Tidak berhenti di situ, HRD juga akan melihat sikap dan kesan yang pencari kerja tampilkan ketika wawancara berlangsung.

"Saat datang, berikan gesture yang excited, ceria dan tidak lesu. Sebelum memulai memperkenalkan diri kalian bisa mengucapkan terima kasih dahulu telah diberi kesempatan untuk hadir," imbuh dia.

Baca juga: Fresh Graduate, 9 Hal Ini Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja

Tak hanya itu saja, kamu juga harus menjadi diri sendiri dan tidak mengada-ada atas jawaban yang pelamar berikan. Perekrut juga menginginkan keterangan lebih lanjut terkait pengalaman yang ia miliki.

"Misalkan, apakah Anda ada pengalaman di bidang ini?, terus kemudian Anda hanya menjawab 'iya'. Kita perlu sedikit improvisasi, 'oh iya saya pernah ada pengalaman ini, di company ini, di tahun segini, saya handle projek ini', jadi bisa di-elaborate," terangnya.

Hal yang dihindari HRD

Meski demikian, kamu juga harus tahu beberapa hal yang tidak disukai HRD. Jadi, kamu harus coba menghindari beberapa hal ini ketika wawancara kerja.

1. Datang terlambat.

2. Membaca contekan (biasanya suka ada saat online interview).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com