Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Prospek Kerja Menjanjikan bagi Lulusan Jurusan Manajemen

Kompas.com - 26/08/2023, 11:00 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah perlu pertimbangan matang. Tidak hanya menyesuaikan dengan minat dan bakat, namun juga mempertimbangkan apakah prospek kerjanya sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Bagi kamu pelajar yang berminat memilih jurusan bidang soshum, manajemen bisa menjadi salah satu program studi yang dipertimbangkan. Pasalnya, lulusan dari jurusan ini diprediksi masih banyak dibutuhkan didunia kerja.

Manajemen sendiri merupakan salah satu program studi di fakultas ekonomi yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 ke Singapura 2024 Tanpa Batas Usia, Uang Saku Rp 24 Juta Per Bulan

Lalu, apa saja pekerjaan yang bisa didapatkan lulusan manajemen? Dilansir dari website Binus University, berikut prospek kerja menjanjikan lulusan prodi manajemen.

1. Human Resource

Peluang kerja bagi lulusan manajemen salah satunya menjadi seorang human resource development atau HRD.

Ketika kamu menjadi seorang HRD, kamu memiliki tanggung jawab untuk mengelola sumber daya manusia (SDM) yang ada pada perusahaan.

Kamu juga memiliki kewajiban untuk mengatur hubungan kerja, proses perekrutan karyawan baru, dan melakukan pengembangan kinerja.

Jenjang karier HRD juga cukup menjanjikan, jika kamu terus berkembang dan menunjukkan kemampuan yang memadai maka karir kamu akan meningkat menjadi chief HR officer.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah IPA-IPS dengan Prospek Kerja Cemerlang Era Digital

2. Manajer Marketing

Prospek kerja selanjutnya adalah manajer marketing, yang memiliki tanggung jawab yang cukup besar seperti melakukan pemasaran produk, menyusun strategi pemasaran, membuat promosi produk, membuat anggaran, dan mengawasi pertumbuhan perusahaan.

3. Analis Bisnis

Selanjutnya, ada prospek kerja sebagai analis bisnis atau business analyst dapat pula menjadi pertimbangan karier menarik bagi alumni jurusan manajemen.

Tugas utama posisi ini adalah analisis data untuk berbagai kepentingan bisnis yang bertujuan untuk membantu perusahaan untuk bertahan di tengah persaingan bisnis.

4. Konsultan Bisnis

Seorang konsultan bisnis menjalankan pekerjaannya secara independen atau freelance. Dalam pekerjaan ini, kamu mempunyai tanggung jawab dalam memberikan saran atau bimbingan berkaitan dengan aktivitas bisnis kepada individu maupun organisasi, membantu klien dalam menyelesaikan sebuah permasalahan bisnis.

Oleh karena itu, kamu perlu memiliki skill dalam mengidentifikasi permasalahan dan cara menanganinya.

Baca juga: Cara Daftar PPG Prajabatan 2023 bagi Lulusan S1, Beasiswa Rp 17 Juta

5. Data Analyst

Selanjutnya, lulusan manajemen memiliki peluang kerja sebagai data analyst. Seorang data analyst harus memiliki kemampuan dalam melakukan riset secara akurat.

Hasil analisisnya akan dipakai oleh perusahaan untuk kepentingan pemasaran serta pengembangan produk.

6. Business Development

Prospek kerja yang keenam ada business development (busdev) yang mempunyai tugas seperti menciptakan nilai bisnis perusahaan secara jangka panjang.

Dalam menciptakan value bisnis tersebut dapat diwujudkan oleh busdev mempunyai tugas utama berkaitan dengan 3 aspek, yaitu berupaya untuk membangun strategi pemasaran untuk menjaring lebih banyak pelanggan, busdev harus jeli memilih target pasar, terakhir busdev perlu menjaga relasi bisnis dan bertujuan untuk mempertahankan hubungan bisnis yang baik dalam jangka panjang.

7. Manajer Produksi

Terakhir, kamu dapat pula menempati posisi sebagai manajer produksi. Kemampuan kamu dalam memimpin sangat berguna dalam proses koordinasi, perencanaan, serta kontrol proses produksi. Hasilnya, perusahaan bisa menjalankan aktivitas produksi secara efektif dan efisien.

Demikian 7 prospek kerja menjanjikan bagi lulusan manajemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com