Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Tetap Sehat di Musim Kemarau dengan 5 Langkah Ini

Kompas.com - 31/08/2023, 22:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat musim kemarau, anak menjadi rentan untuk sakit. Misalnya saja terkait penyakit kulit atau masalah pernapasan.

Maka dari itu, dibutuhkan upaya agar anak tetap sehat di musim kemarau. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh para orangtua.

Menurut Firman selaku Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), orangtua atau pengasuh anak perlu melakukan serangkaian langkah-langkah pencegahan dan perawatan yang tepat.

Baca juga: 5 Kebiasaan Jadi Penyebab Obesitas, Info Dosen UM Surabaya

Hal ini dilakukan agar tetap sehat dan aktif meski saat musim kemarau, yakni dengan:

1. Asupan cairan tercukupi

Orangtua harus memastikan anaknya selalu mendapat asupan cairan yang cukup. Ketika suhu naik dan cuaca lebih panas, risiko dehidrasi pada anak dapat meningkat.

Maka dari itu penting memastikan bahwa anak mendapat asupan cairan yang cukup setiap hari, terutama air putih.

"Memberikan air mineral yang cukup bisa membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Tubuh kita sebagian besar adalah terdiri dari air, dan setiap sel dan sistem tubuh memerlukan air untuk berfungsi dengan baik," ujarnya, dilansir dari laman UM Surabaya, Rabu (30/8/2023).

Secara fisiologis air membantu menjaga suhu tubuh normal, fungsi jantung, dan sirkulasi darah.

2. Terapkan pola makan sehat

Asupan makanan yang seimbang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan anak di musim kemarau. Pastikan anak mendapat makanan dengan sayuran yang cukup, buah-buahan, biji-bijian, protein, dan produk susu rendah lemak.

"Menjaga pola makan dengan konsumsi makanan yang bergizi sangat penting bagi anak, selain untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh mereka tetap kuat, dan memberikan energi yang diperlukan untuk beraktivitas," jelas Firman.

Baca juga: 5 Buah Penurun Darah Tinggi, Info Ners Unair

3. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Anak harus terhindar dari paparan sinar matahari secara berlebih. Sebab paparan sinar matahari secara langsung dan waktu yang lama dapat berdampak buruk pada kulit anak.

Sehingga disarankan selalu gunakan pelindung seperti jaket atau payung, untuk melindungi kulit mereka saat beraktivitas di luar rumah.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com