Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITS Fasilitasi Mahasiswa Program "Joint Degree" Magang di Korea Selatan

Kompas.com - 02/09/2023, 11:00 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak tujuh orang mahasiswa program "joint degree" Departemen Teknik Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) langsung direkrut dan bekerja perusahaan terkemuka di industri galangan kapal Korea Selatan. Perekrutan tersebut telah dilakukan bahkan sebelum mereka diwisuda pada 24 Agustus 2023 lalu.

Mereka yang meraih kesempatan kerja di perusahaan galangan kapal tersebut adalah I Gede Andhira Swastika Adiyasa, Ahmad Dzaky Ash Shiddiq, Irfandy Yusuf Ahnafy, I Wayan Yosa Virgana Kusuma, dan Aulia Hamdan Fauzi yang diterima di Hyundai Samho Heavy Industries (HSHI) Co Ltd sebagai subcontract. Sedangkan dua lainnya, yaitu Ardi Julian Wilarto dan Azilla Ardiningtyas akan meniti karir di Onnuri Ship Technology Co Lt.

Program joint degree merupakan program kerjasama antara ITS dengan Mokpo National University (MNU) Korea Selatan dan telah menghasilkan 34 lulusan terbaiknya dalam upacara wisuda yang digelar di MNU.

Baca juga: Beasiswa Bantuan Dana hingga Rp 1 Juta bagi Pelajar SMP-SMA, D3-S1

Salah satu wisudawan, I Gede Andhira Swastika Adiyasa menyebutkan bahwa perekrutan ketujuh mahasiswa itu bermula dari kegiatan magang semasa kuliah.

Kegiatan dalam bentuk kerja lapangan ini melibatkan lima perusahaan terkemuka seperti HSHI, Onnuri Ship Technology, Taejin Engineering, Daehan Shipbuilding, dan GOT.

“Melalui magang inilah, kinerja mahasiswa ITS dipantau oleh perusahaan yang akhirnya membuka peluang untuk memasuki perusahaan tersebut,” jelas Andhira.

Andhira menuturkan terdapat beberapa seleksi yang dilakukan sebagai rangkaian dari proses perekrutan pekerja oleh perusahaan shipbuilding tersebut. Melalui proses yang cukup panjang, akhirnya mereka berlima berhasil memperoleh tempat dalam tim desain administrasi untuk proyek Joint Development di HSHI.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Gates Cambridge 2024 Segera Dibuka, Tunjangan Rp 389 Juta

Tidak hanya mendapat kesempatan bekerja di Korea Selatan, dua wisudawan lainnya yakni Mahardika Rizki Pynasti dan Faisa Felicia berhasil mendapatkan beasiswa untuk langsung melanjutkan pendidikannya ke program magister di MNU.

Keberhasilan wisudawan tahun ini dinilai ITS menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Selain bertambahnya jumlah lulusan dari tahun lalu yang hanya 24 orang, kualitas para wisudawan juga mengalami lonjakan positif bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hal ini tercermin dari prestasi mereka dalam perolehan nilai serta kemampuan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Korea.

Melihat peluang yang besar, ke depannya para wisudawan menargetkan untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya lewat proyek yang sedang mereka kerjakan saat ini.

Mereka berkomitmen untuk terus mengembangkan kemampuan dan pengetahuan dalam industri galangan kapal dunia. Dengan tekad ini, mereka memiliki ambisi untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam bidang maritim ketika sudah kembali ke tanah air.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 ke Singapura 2024 Tanpa Batas Usia, Uang Saku Rp 24 Juta Per Bulan

Selain mendapat kesempatan bekerja di Korea Selatan, dua wisudawan lainnya yakni Mahardika Rizki Pynasti dan Faisa Felicia berhasil mendapatkan beasiswa untuk langsung melanjutkan pendidikannya ke program magister di MNU. 

“Harapannya, semangat kolaborasi pendidikan lintas negara ini dapat terus diperkuat untuk mencetak lulusan-lulusan yang siap bersaing di dunia global yang semakin dinamis,” kata Mahardika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com